AMBON, Siwalimanews – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Kepelabuhanan saat ini memprioritaskan pembangunan lima pelabuhan baru di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Hal ini diungkapkan anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku Anos Yermias kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Sabtu (15/4) usai melakukan koordinasi dengan Ditjen Lalulintas dan Tranportasi.

menurutnya, sebagai daerah kepulauan, Kabupaten Maluku Barat Daya saat ini membutuhkan begitu banyak akses penghubung antar pulau, guna memperlancar aktivitas barang dan manusia. Dalam pertemuan Komisi III dengan Ditjen Lalulintas dan Transportasi Kemenhub tanggal 11 Juli 2022 lalu, pihaknya telah menyampaikan kebutuhan pelabuhan baru di lima wilayah MBD.

“Dalam rapat itu kita sudah sampaikan dan sesuai hasil koordinasi dengan Kemenhub memang disampaikan bahwa saat ini semua keluhan yang disampaikan menjadi perhatian serius dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,” ungkap Anos.

Kelima wilayah di Kabupaten Maluku Barat Daya yang menjadi prioritas Kemenhub kata Yermias diantaranya, Desa Luang, Desa Dai, Deda Wetang, Desa Bebar dan Desa Wetar.

Baca Juga: Negeri Hutumuri akan Gelar Festival Durian di Jayapura

Bahkan, sebagai wujud keseriusan dalam pembangunan pelabuhan baru, Kemenhub telah memasukan lima calon pelabuhan baru kedalam rencana strategis kementerian tahun 2023. Selain itu, Kemenhub telah mengirimkan tim survei awal ke lima lokasi tersebut dan telah selesai dilakukan, sehingga menunggu hasil survei kelayakan yang dilakukan tim kementerian.

“Survei sudah dilakukan tinggal dibuat detail engineering desain tetapi yang pasti lima wilayah ini akan menjadi prioritas untuk dibangun, jadi kita berharap masyarakat tetap tenang sambil menunggu keputusan Menteri Perhubungan,” ucap Anos.(S-20)