PEMBANGUNAN di Kabupaten Seram Bagian Timur sudah meng­alami peningkatan yang signifikan. Sebut saja, di bidang infrastruktur pembangunan sarana dan prasarana terus dilakukan dan mengalami loncatan yang menggembirakan. Panjang jalan baik yang berstatus nasional maupun jalan kabupaten terus mengalami peningkatan.

Selain itu, pembangunan infras­trukturpPerhubungan laut guna mewujudkan konektivitas antara pulau dan antara wilayah kecamatan terus diupayakan untuk diting­katkan dari waktu ke waktu.

“Proses pembangunan ini diha­rapkan dapat berimplikasi pada semakin terbukanya aksesibilitas dan memperpendek rentang kendali antara wilayah,” ungkap Ketua DPRD Kabupaten SBT, Noaf Rumau, saat memimpin Rapat Paripurna memperingati hari ulang tahun ke-20 Kabupaten Seram Bagian Timur, yang berlangsung di Ruang Pari­purna DPRD SBT, Senin (18/12).

Menurutnya, halnya dengan pembangunan infrastruktur dibi­dang pendidikan dan kesehatan yang secara perlahan telah mampu meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Seram Bagian Timur. Kedepan kebijakan pemerintah daerah dalam mendorong pening­katan pelayanan dasar pada dua sektor ini harus diikuti dengan alokasi anggaran yang cukup.

Di bidang perekonomian tingkat pertumbuhan ekonomi Kabupaten SBT semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini memberikan gam­baran bahwa upaya peningkatan pembangunan di bidang ekonomi telah memberikan hasil yang positif.

Baca Juga: Malteng Raih Dua Penghargaan Pengelolaan Keuangan Terbaik

“Proses positif ini harus tetap dipertahankan melalui berbagai upaya dan dipertahankan melalui berbagai upaya dan kebijakan pemerintah daerah terutama dalam mendorong dan memberikan insentif untuk peningkatan kegiatan usaha mikro kecil dan menengah,” terang­nya.

Selain itu pemerintah daerah, kata Rumau, harus terus melakukan inovasi dan mendorong tumbuhnya arus modal masuk melalui pelak­sanaan investasi guna membuka lapangan kerja baru dan mengurangi angka pengangguran terbuka yang masih cukup tinggi.

Salah satu hal yang sangat mem­banggakan adalah kondisi keama­nan dan ketertiban masyarakat di Kabu­­paten Seram Bagian Timur cenderung kondusif dan jauh dari konflik antar masyarakat komunikasi dan koordinasi antar seluruh stakeholder guna menjaga keberlang­sungan ekosistem ini patut terus didorong.

“Semua ucapan yang positif yang telah saya sampaikan merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi semua elemen dan merupakan kado terindah dalam usia Kabupaten  SBT saat ini,” katanya.

Menurutnya, dukungan dan kontrol masyarakat dalam proses pembangunan harus terus diting­katkan dalam proses pembangunan untuk kemajuan negeri ini merupa­kan tanggung jawab bersama.

“Di tengah- tengah kebanggaan karena keberhasilan yang telah dicapai masih terdapat sejumlah permasalahan yang harus terus dibenahi. Ketersediaan lapangan kerja yang belum memadai bila dibandingkan dengan angkatan kerja sehingga secara langsung menyebabkan angka pengangguran yang cukup tinggi di Kabupaten Seram Bagian Timur,” pungkasnya

Sementara alokasi pembangunan infrastruktur yang belum tersebar secara merata pada seluruh wilayah kecamatan terutama pada wilayah kecamatan terpencil dan belum tersentuh akses pembangunan.

“Penyebaran tenaga pendidik dan tenaga kesehatan yang belum sebanding dengan rasio jumlah murid dan jumlah penduduk pada setiap sekolah dan Puskesmas merupakan permasalahan klasik yang harus diselesaikan dengan kebijakan pelanggaran yang baik dan profesional. Beberapa perma­salahan dan tantangan yang saya sebutkan adalah bagian dari problem yang harus diselesaikan. Mema­suki usia yang ke- 20 tahun tan­tangan yang akan dihadapi oleh daerah ini akan semakin berat,” bebernya.

Kata dia, kerja keras kerja cepat kerja cerdas yang dilandasi dengan komitmen kerja dedikasi yang tinggi dari segenap masyarakat untuk bersama dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan demi kemajuan daerah dan kese­jahteraan seluruh rakyat Seram bagian timur.

“Saya ingin mengingatkan kepada kita sekalian bahwa apa yang tidak dicapai oleh daerah ini merupakan buah dan perjuangan dan kontribusi dari berbagai komponen. Oleh karena itu, kiranya saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghar­gaan bagi Bupati beserta perangkat pemerintah daerah tokoh dan para pejuang pemekaran dan tim perce­patan pemekaran kabupaten SBT  yang telah dapat saya sebutkan satu persatu,” terangnya. (S-27)