AMBON, Siwalimanews – Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Merct Chriesty Barends mengandeng

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) RI melakukan pelatihan pengolahan hasil perikanan berbasis fish jelly, dan aneka snack dari bahan dasar Sagu di Saumlaki.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 400 peserta berpusat di Gedung Natar Kaumpu, Saumlaki  Senin (12/12).

Barends dalam arahannya mengungkapkan, kalau Komisi VII DPR yang bermitra dengan BRIN, sangat mendorong agar hasil-hasil riset dan inovasi dapat digunakan untuk mengembangkan potensi-potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Provinsi Maluku.

Menurutnya, dari pelatihan ini bukan saja pengetahuan yang meningkat, namun kreativitas dalam mengelola seluruh potensi pangan terkhususnya dari ikan dan sagu mampu mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Tabrak Angkot, Pengendara Motor Luka Parah

“Di Maluku ini sumber daya alam perikanan kita sangat kaya. Setiap tahun dari perikanan, Maluku sumbang sebanyak 37 persen. Begitu juga dengan sagu merupakan jati diri masyarakat Maluku,” ujarnya.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta dibekali tentang pengetahuan dan wawasan, agar mereka bisa memanfaatkan sumber daya perikanan, sebagai produk makanan yang bernilai guna. Bahkan semakin dikembangkan lebih luas agar menjadi trend center khususnya di era milenial saat ini.

“Pelatihan saat ini di KKT, untuk tahun depan akan dinaikan kelasnya dengan adanya pelatihan hingga mengurus izin usaha, packejing produknya, bahkan akses pemasaran juga,” tandasnya.

Kegiatan yang dimotori oleh DPC PDI Perjuangan KKT ini dihadiri juga oleh Asisten I Setda KKT Mesala Hutabarat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Ketua DPC PDI Perjuangan Andre Taborat, para pimpinan dan anggota DPRD setempat. Perwakilan Kepala BRIN RI, Rein Estefanus Senewe, dan para instruktur dari Jakarta yakni  Hairati Arfah dan Ferdinand Pattipeilohy.(S-26)