AMBON, Siwalimanews – Lima orang Perwira Mene­ngah (Pamen) Polda Maluku berpangkat Komisaris Polisi, akan mengikuti seleksi Se­kolah Staf dan Pimpinan Me­nengah (Sespimmen) Polri angkatan 63 tahun 2023 yang digelar SDM Mabes Polri.

Seleksi Sespimen Polri diawali dengan penandata­ng­an pakta integritas dan pengambilan sumpah, yang diikuti secara virtual dari ruang vicon lantai II Mapolda Malu­ku, Kota Ambon, Senin (12/12).

Penandatangan pakta inte­gritas dan pengambilan sum­pah di Polda Maluku dipimpin oleh Karo SDM Polda Maluku Kombes Deni Y. Putro, didampingi Karo Ops Polda Maluku Kombes Asep Saepudin dan Kabid Dokkes Polda Maluku.

Kepala Biro Pengendali Personel SSDM Polri, Brigjen Jawari saat memimpin Pakta Integritas dalam arahannya meminta, seluruh peserta seleksi Sespimen Polri angkatan 63, agar dapat mengikuti semua tahapan mekanisme dan ketentuan yang berlaku dalam pelaksanaan seleksi.

“Jadi saya minta agar rekan- rekan peserta seleksi ini dapat menjaga integritas dan jangan ada yang sengaja mencari dukungan di sana sini, apalagi melakukan tindakan yang tidak dibenarkan untuk dilu­luskan,” kata Jawari mengingatkan.

Baca Juga: KPU Uji Publik Penataan Dapil

Jawari mengingatkan para peserta agar tidak sengaja mencari dukung­an untuk diluluskan. Karena apabila ketahuan maka yang bersangkutan secara otomatis langsung dike­luarkan.

“Apabila ketahuan (mencari dukungan) maka secara otomotasi kami keluarkan dari proses seleksi sebagaimana janji dan sumpah yang sudah diucapkan tadi bersama-sama,” tegasnya.

Jenderal bintang satu Polri ini mengingatkan para peserta akan Tu­han yang mengetahui semua per­bua­tan baik atau tidaknya yang dilakukan.

“Ingat kita semua memiliki Tuhan dan apa yang akan kita lakukan nanti Tuhan sudah tau. Olehnya itu saya minta kepada para peserta dan para panitia baik yang melakukan peng­awasan dan poses seleksi agar jangan kita khianati sumpah yang sudah kita ucapkan bersama-sama dalam pakta integritas ini,” pintanya.

Ia meminta semua pihak untuk menjunjung kejujuran, akuntabel dan transparansi dalam seleksi. Kepada Propam, ia meminta untuk melaksanakan pengawasan dengan sebaik mungkin.

“Karena kita sudah mengucapkan sumpah dan jika ada peserta yang sengaja melakukan hal yang di luar ketentuan dan bisa lolos dalam seleksi ini maka percayalah apa yang diper­olehnya tidak aka berkah dan pasti di akhirat akan dimintai pertangung jawaban atas apa yang sudah ia perbuat di dunia ini,” ungkapnya.

Untuk diketahui, lima Pamen Polda Maluku yang mengikuti seleksi Sespimen yaitu Kompol Ferry Mulyana Sunarya, Kompol Agung Pranajaya, Kompol Senja Pratama, Kompol Syahirul Awab, dan Kompol Endy Desianto.(S-10)