AMBON, Siwalimanews –  Pelabuhan Hurnala Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, tergenang banjir air pasang atau rob, Kamis (27/5)

Kejadian tersebut sempat membuat para penumpang kapal cepat serta warga di sekitar pelabuhan kaget dan panik, lantaran air laut tiba-tiba naik sampai menggenangi kawasan pelabuhan

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon Azhar yang dikonfirmasi, Kamis (27/5) melalui telepon selulernya, terkait hal tersebut menjelaskan, naiknya Air laut hingga menggenangi kawasan Pelabuhan Hurnala Tulehu, akibat dari banjir Rob.

“Kejadian itu, disebabkan banjir rob,” ungkap Azhar.

Kejadian banjir rob ini, sebagaimana BMKG Satation Maritim Ambon sudah mengelurkan peringatan dini sejak 24 Mei keamrin. Banjir rob ini disebabkan posisi bumi  berada berdekatan dengan garis lurus matahari, sehingga terjadi super blood mon.

Baca Juga: Evans: Obeth Nego tak Miliki Hak di 20 Dati

“Akibat Bulan ada pada posisi terdekat dengan bumi, sehingga menyebabkan pasang  maksimum dan kita prediksi 2-3 meter, dimana puncaknya pada pukul 12.00 WIT sehingga menyebabkan banjir rob,” jelansya.

Puncak pasang tertinggi hari ini dan Jumat (28/5) dan Sabtu (29/5) sudah mulai menurun, sebab ini tergantung dengan posisi pesisir juga.

“Kemungkinan esok masih ada, namun sudah menurun,” ucaonya.

Ia berharap, masyarakat yang ada di daerah pesisir bisa tetap waspada hingga berakhirnya banjir rob ini. (S-51)