AMBON, Siwalimanews – Jumlah kasus pasien baru yang terkonfirmasi psoitif terpapar Covis-19 terus meningkat, dimana pada Senin (18/5) Pukul 12.00 WIT terdapat dua kasus baru, namun pada pukul 14.00 WIT terdapat lagi 7 pasien baru terkonfirmasi positif.

“Hari ini saja ada penambahan 9 kasus baru sehingga jumlah kasus terkonfirmasi di Maluku sebanyak 116 orang, yang terdiri dari 89 orang masih dalam perawatan, 6 orang meninggal dan 21 orang dinyatakan sembuh,” ungkap Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Murad Ismail kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Senin (18/5).

Diijelaskan, awalnya memang ada 2 kasus baru, namun pada pukul 14.00 WIT, hasil swab dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Ambon keluar ada penambahan kasus baru.

“Sore tadi baru keluar ada pembahan 7 kasus dari awalnya hanya dua kasus sehingga hari ini secara keseluruhan ada tambah 9 kasus baru,” ujar gubernur singkat.

Sementara itu Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang membenarkan hal itu

Baca Juga: Rapid Tes Reaktif, Perawat Puskesmas Kairatu Dikarantina

“Awalnya kita mendapat hasil swab pagi hari ada penambahan dua kasus dan sore hari ada penambahan 7 kasus baru,” jelas Kasrul.

Walaupun demikian kata dia, yang baru dapat dijelaskan identitas hanya dua kasus awal yang mana mereka merupakan warga dari Kota Ambon yang dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara.

“Keduanya merupakan pasien PDP, namun hasil swabnya sudah keluar dari BTKL-PP, keduanya dinyatakan positif Covid-19 yakni laki-laki dengan inisial IB dan satu perempuan dengan inisial YP,” ungkap Kasrul.

Sementara untuk penambahan 7 pasien baru yang terkonfirmasi positif pada pukul 14.00 WIT itu akan disampaikan nanti pada Selasa (19/5).

“Karena kita baru dilaporkan ada penambahan 7 kasus baru pada sore hari makan akan disampaikan besok hari karena penomoran kasus baru ini diberikan oleh BTKL-PP Ambon,” jelas Kasrul.

Dengan penambahan 9 kasus baru ini kata Kasrul, maka jumlah kasus terkonfirmasi di Maluku bertambah dari 102 kasus menjadi 116 kasus.

Untuk itu dirinya minta kepada masyarakat agar mengikuti protap kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah yakni menggunakan masker, rajin cuci tangan dan menghindari kerumunan massa.

“Kita terus menghimbau kepada masyarakat agar selalu mengikuti anjuran pemerintah dengan rajin cuci tangan, pakai masker dan mengindari kerumuman,” himbaunya. (S-39)