AMBON, Siwalimanews – Dipastikan mulai pekan depan, tepatnya pada, Senin (20/9), Polda Maluku mulai melaksanakan operasi Patuh Siwalima 2021.

Operasi lalulintas yang bertujuan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) ini akan dilaksanakan selama 14 hari atau hingga 3 Oktober mendatang.

“Sesuai surat telegram Kapolri, operasi patuh akan kami laksanakan mulai tanggal 20 September sampai 3 Oktober 2021,” ungkap Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Roem Ohoirat kepada wartawan di ruang kerjannya, Kamis (15/9).

Tujuan digelarnya operasi ini kata Kabid, guna menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas khususnya di Maluku, dengan sasaran operasi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang dapat menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalulintas.

“Operasi Patuh Siwalima  juga akan menyasar lokasi yang berpotensi terjadi penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Baca Juga: Nekat Aborsi, Warga Leihitu Ini Dituntut 4 Tahun Penjara

Menurutnya, operasi yang akan dilaksanakan nantinya, lebih mengedepankan kegiatan yang sifatnya edukatif, dan persuasif, serta humanis dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap polisi lalu lintas.

“Operasi patuh juga akan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.

Juru bicara Polda Maluku ini menghimbau kepada masyarakat agar tetap taat terhadap aturan lalu lintas, serta menyiapkan dokumen kendaraan dan dokumen lain yang dibutuhkan seperti SIM, KTP dan lainnya serta senantiasa disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauh dari kerumunan dan mengurangi mobilitas. (S-45)