AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin menyerahkan secara simbolis 20 unit handtraktor yang merupakan bantuan presiden kepada kelompok tani (Poktan) di Maluku.

Pangdam dalam smabutannya pada penyerahan bantuan itu di Makodam Pattimura, Jumat (23/4) kemarin mengatakan, penyerahan bantuan handtraktor ini adalah bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat petani.

“Karena dengan meningkatkan sarana mekanisasi pertanian dapat membantu petani mempercepat pengolahan lahan,” ucap Pangdam.

Bantuan Presiden ini kata Pangdam diberikan melalui Kodam XVI/Pattimura dalam pemberdayaan wilayah pertahanan, melalui ketahanan pangan yang merupakan upaya peningkatan produktifitas melalui peran pendampingan petani oleh Babinsa di lapangan yang senantiasa mendukung program pemerintah dalam upaya peningkatan produksi pertanian di wilayah Maluku

Nantinya bantuan ini akan distribusikan kepada sentra pertanian di wilayah Maluku, meliputi Kota Tual dan Kabupaten Dobo sebanyak 5 unit, Ambon 5 unit dan 10 unit di wilayah Pulau Seram dan sekitarnya.

Baca Juga: Pembunuh Istri di Mardika Divonis 10 Tahun Penjara

“Kami sangat berterima kasih sekali terhadap atensi dan perhatian bapak Presiden atas bantuan yang diberikan kepada petani, berupa bantuan mekanisasi pertanian dengan wujud handtractor,” ungkap Pangdam.

Pangdam berharap, hal ini dapat memberikan stimulus, peningkatan hasil pertanian dengan mempercepat pekerjaan olah tanah, maka hasil pertanian dan ketersediaan pangan semakin meningkat.

“Bantuan dari Presiden ini dapat terealisasikan, berkat kerja sama dengan tokoh masyarakat yakni bapak Hengky Sirait sebagai penggagas,” tandas Pangdam.

Selain itu, Pangdam juga mengharapkan agar, bantuan ini mampu mewujudkan swasembada pangan, terutama komoditas tanaman holtikultura/sayuran dan buah-buahan yang selama ini dipasok dari luar daerah Maluku. (S-21)