AMBON, Siwalimanews – Pekan depan, mesin anjungan dukcapil mandiri (ADM)  yang berfungsi untuk mencetak KTP, KK, KIA, dan Akta Kelahiran, sudah mulai dioperasikan di Ambon.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon, Marcella Haurissa, mengatakan, untuk alat utama yakni mesin cetaknya sudah ada di dinas, namun untuk alat pelengkap lainnya baru akan datang pekan depan dan diperkirakan langsung dioperasikan.

“Pekan depan kalau alat sudah ada tinggal pasang saja, karena sudah ada di dinas,” ungkapnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (17/11).

Haurissa menuturkan, sesungguhnya alat tersebut dapat dilaunching tepat (7/9) lalu, tepat dengan HUT Kota Ambon, namun keterlambatan pengiriman sehingga alat tersebut baru tiba ditanggal tersebut sehingga tidak dapat di launching.

Ditambah lagi, masih kurang alat pendukung sehingga pengoperasian alat tersebut kemudian ditunda, yang bertujuan agar tidak terjadi kepincangan ketika dioperasikan dalam keadaan ketidak siapan alat tersebut.

Baca Juga: Soal Beda Hasil Swab, Kadinkes Mendadak Amnesia

“Jadi kemarin kalau memang tetap luncurkan kami harus tetap pakai pelayanan manual yang ada di sini. Harusnya kalau sudah diluncurkan, pelayanan di sini tidak jalan, kalau luncur saja lalu abis itu kami tidak pelayanan kan repot,” jelasnya.

Mesin tersebut, tambahnya, sangat membantu proses kerja dukcapil, mempercepat proses pencetakan kartu identitas, serta mengurangi penumpukan masyarakat mengingat Kota Ambon masih didalam masa pandemik. Juga, mengajarkan masyarakt untuk dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru.

“Sangat penting karena dia bisa mengurai kerumunan yang ada disini. Karena dalam mesin ADM itu semua dokumen bisa diprint disitu asal mereka sudah mengurus to, misalnya kartu keluarga sudah perbaiki, urus semua tinggal print saja,” tandasnya. (Cr-6)