AMBON, Siwalimanews – Setelah DPP PDIP menyelesaikan semua agenda rekomendasi kepada bakal calon kepala daeran dan wakil kepala daerah yang nantinya diusung dalam perhelatan pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang, kini PDIP akan menyelenggarakan sekolah partai.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Provinsi Maluku, Benhur G Watubun mengatakan, sekolah partai yang diselenggarakan ditujukan langsung kepada Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang wajib diikuti secara konsisten oleh para calon yang diusung oleh PDI Perjuangan, baik kepada para kader maupun non kader yang diusung oleh PDIP.

Menurutnya, sekolah partai akan dilakukan secara bdaring, yang bertujuan agar peserta yang diwajibkan untuk mengikuti sekolah partai tidak perlu ke Jakarta, ,elainkan dimanapun keempat pasangan berada dengan fasilitas pendukung yang baik, dapat mengikuti kegiatan dengan lancar.

“Tujuan dari sekolah partai ini, dalam rangka pemantapan ideologi, wawasan kebangsaan, serta membumikan visi dan misi partai dalam kaitan dengan menyejahterakan rakyat apabila diberikan kepercayaan menjadi pemimpin di daerah masing-masing,” jelasnya, dalam press release, yang diterima Siwalima, Kamis (13/8).

Kata Watubun, kegiatan sekolah partai nantinya akan dibagi dalam tiga gelombang, yang mana gelombang I dan II dikhususkan bagi kader dengan durasi waktu tujuh hari efektif tanpa alasan apapun sedangkan gelombang III diikuti oleh kandidat yang bukan merupakan kader PDIP dengan waktu efektif selama dua hari.

Baca Juga: Murad Pastikan Sanksi ke Orno Segera Turun

Watubun merinci untuk gelombang I akan dilakukan pada tanggal 19 sampai 25 Agustus 2020 dan akan diikuti oleh Benyamin Th Noach, Safitri Malik Soulisa, Arobi Kelian serta Muin Sogalrey.

Selanjutnya untuk gelombang II akan berlangsung sejak tanggal 26 Agustus sampai  tanggal 2 September 2020, namun untuk gelombang ini tidak ada calon dari Maluku yang ikut, akan tetapi DPD PDIP Maluku sementara melakukan melobi ke DPP agar seluruh kader dapat mengikut satu gelombang dan untuk gelombang III akan berlangsung pada tanggal 8 sampai 9 September 2020 atau setelah pendaftaran paslon ke KPU setempat, apalagi mengingat PDIP secara serempak mendaftar pada tgl 4 September 2020, sehi­-ngga para calon memiliki waktu untuk  mengikuti sekolah partai secara khusus bagi non kader.

“Untuk gelombang ini akan diikuti oleh calon Johan Gonga, Fachry Husni Alkatiri,  Gerson Elieser Selsily dan Agustinus Lekwardai Kilikily dengan harapan dapat diukuti dengan rasa tanggung jawab sampai dengan selesai,” katanya..(Cr-2)