AMBON, Siwalimanews – Pasca perhelatan pemilu legislatif, PDIP Perjuangan Maluku siap untuk meraih kemenangan dalam pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak.

Ketua DPD PDIP Maluku, Benhur George Watubun menjelaskan, berdasarkan hasil pemilu legislatif untuk DPRD Provinsi, PDIP telah mengantongi 17 persen suara sah.

Capaian tersebut berdampak terhadap proses Pemilukada baik Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota.

“Kita kemarin 17 persen lebih atau kurang satu kursi itu 20 persen artinya dengan hasil ini kita sudah melakukan proses pemetaan politik terkait dengan pelaksanaan pilkada serentak Gubernur, Bupati dan Walikota di seluruh provinsi Maluku,” ujar Watubun, kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Selasa (19/3).

Menurutnya, PDIP baik provinsi maupun kabupaten/kota telah siap untuk memenangkan pilkada yang akan digelar  27 November nantinya.

Baca Juga: FKPM Berbagi Kasih di Bulan Ramadhan

Apalagi, hasil pemilu menunjukkan tidak ada satu pun kursi PDIP di kabupaten/kota yang berkurang itu sehingga PDIP memiliki basis yuridis formal untuk menentukan peta politik saat pilkada.

“Hari ini kita jadi ketua DPRD di lima Daerah dan dua wakil ketua DPRD, sedangkan 4 daerah lain kita punya kursi walaupun bukan pimpinan, artinya kita semakin kuat dan percaya untuk merebut kemenangan di Pilkada,” tegasnya.

Watubun menegaskan, dengan memenangkan pilkada maka PDIP akan merasionalisasikan berbagai program dan kegiatan yang tepat guna untuk kepentingan masyarakat.(S-20)