AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Maluku Tengah Halimun Saulatu, mendesak Pemerintah Kabupaten Malteng untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat bencana.

Permintaan itu disampaikan Saulatu kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (18/7) merepons bencana banjir yang merendam wilayah Kota Masohi, terutama di kawasan Namaelo, Apui dan Lesane dan longsor di sejumlah kecamatan lainnya .

Pemkab Malteng kata Saulatu, harus segera mengambil langkah tanggap darurat guna memberikan pelayanan kepada warga terdampak bencana banjir maupun tanah longsor.

“Pemkab Malteng harus segera tanggap terhadap permasalahan banjir dan longsor yang  mengepung Kota Masohi dan sekitarnya, sehingga BPBD dapat bergerak dengan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak,” ujar Saulatu.

BPBD Malteng menurut Saulatu, sudah harus sigap dengan kondisi animali cuaca yang tiba-tiba terjadi dan berdampak pada curah hujan yang tinggi, sehingga ada langkah antisipasi dengan merelokasi warga yang terdampak bencana.

Baca Juga: Rahawarin Pastikan RS Pratama Malra Siap Dibangun

Pemkab kedepan juga harus memperhatikan saluran drainase secara rutin agar dapat meminimalisir potensi banjir yang terjadi, agar ketika terjadi hujan dneganintensitas tinggi, luapan air dapat diatur menuju laut.

“Belajar dari masalah ini, maka kita berharap pemkab juga harus lebih maksimal berkoordinasi dengan pemprov agar jangan terkesan lamban dalam berkoordinasi,” tandasnya.(S-20)