AMBON, Siwalimanews – Deputi Bidang Infrastruktur Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan, Letjen TNI (Purn) Jeffry Apoly Rahawarin memastikan, pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kabupaten Maluku Tenggara siap dibangun.

Kepastian pembangunan rumah sakit ini disampaikan Rahawarin kepada wartawan di Bandara Internasional Pattimura, Jumat (15/7) usai melakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Maluku Tenggara beberapa waktu lalu.

Rahawarin mengaku, telah melihat lokasi rencana pembangunan rumah sakit ini. Keberadaan rumah sakit ini juga nantinya untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap ketersediaan fasilitas kesehatan di daerah perbatasan.

Untuk itu, rencana pembangunan rumah sakit ini telah menjadi program BNPP dan telah dimasukkan dalam pagu indikatif APBN tahun 2023 yang akan dibahas oleh DPR bersama pemerintah.

“Untuk rencana pembangunan Rumah Sakit Permata tahap pertama akan dilakukan pada tahun 2023 mendatang,” bebernya.

Baca Juga: Pemkab Malaka Audience dengan Deputi III BNPP

Lokasi pembangunan rumah sakit ini menurut Rahawarin, telah tersedia yakni di Desa Golai Kei Besar dan ini akan menjadi rumah sakit pertama setelah Indonesia Merdeka. Sedangkan terkait dengan penganggarannya, akan masuk melalui pagu anggaran di Kementerian Kesehatan.

Mantan Pangdam XVI Pattimura ini berharap, dengan dibangunnya Rumah Sakit Permata, maka akan dapat membantu masyarakat, khususnya di Maluku Tenggara untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. (S-20)