AMBON, Siwalimanews –  Aparat Kepolisian Daerah Maluku diminta untuk lebih mengintensifkan patroli selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Melkianus Sairdekut kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (16/12) mengungkapkan, menjelang Natal dan Tahun baru biasanya terjadi peningkatan angka kriminalitas yang dapat berdampak pada gangguan kamtibmas.

Upaya antisipatif sudah harus dilakukan sejak dini, dengan mengefektifkan peran seluruh jajaran kepolisian, termasuk intelijen guna mengetahui sejak awal daerah yang berpotensi terjadi gangguan kamtibmas.

“Jelang Natal dan Tahun Baru biasanya angka kriminalitas itu meningkat, dan ini harus diantisipasi agar tidak merebak menjadi masalah seperti bentrok dan konflik ditengah masyarakat, maka Polda harus berperan penting,” ujar Sairdekut.

Menurutnya, perayaan Natal dan Tahun Baru harus dilewati oleh masyarakat dengan rasa aman dan damai, artinya menjadi tugas pemerintah dan kepolisian untuk menjamin kelangsungan perayaan hari besar keagamaan di Maluku..

Baca Juga: Komisi II Minta Pemkot Berikan Bonus ke Atlet Popmal

Apalagi, belajar dari persoalan hukum yang terjadi, bahwa biasanya benturan dan konflik terjadi dipenghujung tahun, sehingga harus ada langkah konkrit dari kepolisian dan pemerintah daerah untuk mengantisipasi agar tidak meluas dan menjadi persoalan besar di daerah ini.

“Saya yakin, jika seluruh pihak bekerjasama untuk menjaga kamtibmas, maka Maluku akan terbebas dari semua bentuk perpecahan ditengah masyarakat.(S-20)