AMBON, Siwalimanews – Akibat kurangnya lahan sebagai lokasi relokasi pedagang pasar Mardika, Pemkot Ambon berupaya membuka lokasi baru yakni, pasar Higienis sebagai lokasi tempat pemindahan beberapa pedagang.

Sekertaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Janes Apono yang ditemui wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (28/7)  mengungkapkan,  dpenggunaan pasar Higenis diakibatkan, tidak mencukupi lapak yang berada dikawasan pasar Apung Mardika, sehingga Disperindag sedang mengupayakan pengoperasian pasar Higienis untuk ditempati sejumlah pedang yang tersisa.

“Kita sementara ini mungkin akan fungsikan lagi higienis untuk masukan 150 pedagang

Pasar Higienis  direncanakan akan dipindahkan sisa pedagang. Menurut Aponno, sebanyak 150 pedagang yang berasal dari gedung putih Pasar Mardika akan dipindahkan dilokasi tersebut.

Untuk memindahkan 150 pedagang itu,  perlu persetujuan walikota. Apabila sudah ada persetujuan, maka mereka akan dipindahkan menempati lokasi itu.

Baca Juga: Pemprov Sumbang 120 Hewan Qurban

“Memang bisa itu nanti atas seijinnya Pak Walikota, Nanti akan dibicarakan dulu dengan Pak Walikota kalau misalnya itu Pak Walikota mengizinkan otomatis yang sisa itu bisa kita arahkan ke gedung,” jelasnya.

Ketika dikonfirmasi terkait dengan pengundian apakan telah tuntas, Aponno menjelaskan, masih terbengkalai dikarenakan masih kekeurangan lapak sehuingga samnpai saat ini sedang diupayakan agar dapat digunakan pasar Higienis tersebut.

“Yang masih kurang ini belum dapat nomor undi, karena musti ada ruangan dulu baru kita undi,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk sejumlah lokasi lainnya telah tuntas, tinggal penempatan yang masih menunggu persetujuan dari Walikota Ambon Richard Louhenapessy. (Mg-6)