AMBON, Siwalimanews – Dinas Perhubungan Kota Ambon berencana akan memanfaatkan lokasi pasar apung di kawasan Mardika sebagai lahan parkir untuk kendaraan agar dapat mengurai kemacetan.

Untuk saat ini lokasi tersebut belum dapat dimanfaatkan sebab masih ditempati oleh pedagang, pasca revitlaisasi Pasar Mardika dilakukan. Walaupun demikian ada saja pedagang yang menggunakan badan jalan untuk berjualan, padahal penertiban demi penertiban terus dilakukan.

“Kita berharap nanti,  apabila pasar Mardika sudah selesai dibangun dan diresmikan, maka para pedagang sudah masuk ke pasar yang baru ini, itu berarti kita akan lakukan  penataan lagi, sekaligus memfungsikan lahan pasar apung sebagai tempat parkir,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Roby Sapulette, kepada Siwalimanews di ruang kerjannya, Selasa (9/5).

Sapulette mengaku, saat ini lahan parkir di Pasar Mardika sangat sempit, sebab hampir semua lahan parkir ditempati oleh PKL, sehingga parkiran yang ada saat ini sifatnya hanya mencari tempat yang kosong, misalnya di depan BCA Mardika, serta depan pintu masuk terminal, sebab tidak ada ruang untuk parkiran lagi di Pasar Mardika.

Dengan memanfaatkan pasar apung sebagai lahan parkir nantinya, maka dipastikan parkiran di kawasan itu akan tertib, disamping itu dari aspek retribusi juga lebih tertanggungjawab

Baca Juga: Mantan Sekda MBD Dihukum 5 Tahun Penjara

“Kia berharap nantinya jika pasar selesai dibangun, maka para pedagang akan masuk ke pasar utama dan kita akan minta kepada pak walikota untuk kita manfaatkan pasar apung sebagai lahan parkir,” janji Sapulette.(Mg-1)