AMBON, Siwalimanews –  Keluarga besar Partai Demokrat Maluku, Kamis (9/9) memperingati dua momentum bersejarah, yakni Hari Ulang Tahun pendiri Partai Demokrat yang juga Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan HUT Partai Demokrat ke-20 atau dua dekade.

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku terpilih, Elwen Roy Pattiasina mengatakan, hari ini merupakan merupakan momentum spesial di Indonesia khusus di Maluku.

“Hari ini pendiri Partai Demokrat, pak SBY yang juga Presiden ke-6 dikasih umur panjang 72 tahun. Hari ini juga Partai Demokrat berumur 20 tahun,” kata Pattiasina, ketika menyampaikan sambutannya, saat syukuran HUT SBY, Partai Demokrat, dan syukuran sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku, Kamis (9/9).

Pattiasina akrab disapa ERP mengatakan, begitu banyak rangkaian acara menjelang HUT Partai Demokrat di Indonesia juga di Maluku menjelang HUT Partai Demokrat, agak mendadak. “Tapi peserta 62 orang yang mengikuti lomba. Meski lomba mendadak, tapi yang ikut lomba cukup membanggakan,”terangnya.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Maluku ini berharap, puncak HUT lewat zoom dengan ketua DPD Partai Demokrat Provinsi se Indonesia.

”Mudah-mudahan beberapa mata lomba kita dapat juara tingkat pusat. Kita tunjukan kita dari timur punya kualitas sama dengan orang Indonesia bagian barat,”tegasnya.

Wakil Rakyat dari daerah pemilihan Kota Tual, Maluku Tenggara, dan Kepulauan Aru, hari ini juga pihaknya menempati kantor DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku yang baru.”Kita juga sementara bangun Kantor DPD Partai Demokrat di Poka. Kalau cari kita di sekretariat,”ingatnya.

Untuk itu, dia mengapresiasi mantan pengurus DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku, panitia HUT Partai Demokrat dan awak media.” Saya tidak panjang lebar. Puncak HUT kita dengan ketum. Sebagai ketua terpilih saya mengucapkan terima kasih sebesarnya kepada teman-teman pengurus bersama besarkan partai. Bagi teman-teman media kami juga mengucapkan terima kasih. Tanpa teman media kami tidak apa-apa. Kita dikenal dengan media. Semoga kebersamaan kita terjaga agar Partai Demokrat, jaya kedepan,”pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Halimun Saulatu saat memberikan sambutan mengatakan jika ulang tahun Partai Demokrat yang ke 20 tahun sekaligus ulang tahun SBY.

”Jelang perayaan hari ulang tahun sebagai panitia kita melakukan beberapa mata lomba sekaligus berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan sebagai dampak Pandemi Covid-193  ujar Saulatu.

Pada perayaan dua dekade Partai Demokrat Maluku itu, DPD Partai Demokrat Maluku juga memberikan hadiah bagi para pemenang lomba, masing-masing  juara Untuk lomba Fotografi dibagi dalam dua kategori yakni umum dan jurnalis. Juara I ketegori umum diraih Jemmy Palpialy dengan judul Foto Sapu Bersih Corona. Juara II diraih Jesillia dengan judul foto paskibraka Provinsi Maluku. Juara III diraih Juliana Belina dengan judul foto demo penolakan PPKM oleh pedagang dan mahasiswa.

Kategori Jurnalis juara I diraih Mohas Amir jurnalis media Rakyat Maluku dengan judul foto aksi sopir angkot terkait penghapusan dan kenaikan pertalite. Juara II diraih Mona Kaisupy jurnalis Rakyat Maluku dengan judul foto bendera Demokrat di JMP Kota Ambon. Juara III diraih Fabiola Jolanda Koenoe jurnalis harian Siwalima dengan judul foto Ketua DPD mencoba penggunaan wastafel Partai Demokrat kepada masyarakat.

Lomba Menulis dibagi dalam dua kategori yakni umum dan jurnalis. Juara I kategori umum dimenangkan Alice Ema Kesyia dengan judul tulisan kesenjangan sosial antara penerapan PPKM, Herlin Latupapua menduduki juara II dengan judul potret fenomena post truth terhadap Pandemi Covid-19. Diposisi III dimenangkan Amelia Lilihata dengan judul strategi penerapan sopi sebagai handsenitizer di tengah Pandemi Covid-19.

Kategori Jurnalis pemenangnya Zairin Salampesy jurnalis Satu Maluku dengan judul Demokrat antara dulu, sekarang dan esok. Tempat kedua diraih Fabiola Jolanda Koenoe jurnalis harian Siwalima sementara posisi ke III dimenangkan Harry Purwanto jurnalis Klik Maluku dengan judul badai itu besarkan Demokrat.

Lomba karikatur Dimenangkan Franklin Manuhutu, juara II oleh Franti Septiana sedangkan Frans Palelu menempati posisi III. Untuk lomba melukis juara I dimenangkan Winston Rudolf Untiwan, juara II oleh Sadli Lisaholet sedangkan juara III dimenangkan Fredelin Wattimena.

Untuk juara lomba video pendek dibagi dalam dua kategori yakni profesional dan umum. Untuk kategori profesional dimenangkan Lexi Simarlatu, Subhan Akbar Saidi juara II sedangkan juara III oleh Mohammad Ahya Wandi. Untuk kategori umum dimenangkan Glory Salakay, juara II oleh M.Said Rahantauw dan juara III oleh Kusuma Samal. Sedangkan untuk lomba Merchandise dimenangkan Rizki d Majid di posisi II dimenangkan Rahmat H Saulatu dan posisi III diraih Jerry Polpoke.

Lomba nyanyi solo membawa­kan lagu cahaya dalam kegela­pan ciptaan SBY dimenangkan Nurul Toisuta , juara II Valen Hattu dan juara III diraih Julius Siloam M. (S-16)