AMBON, Siwalimanews – Ketua KONI Maluku Toni Pariela mengaku, sampai dengan saat ini, proses persiapan atlet yang akan berlaga di PON XX di Papua berjalan dengan baik.

Pasalnya, satgas PON setiap hari  memantau dan memonitor seluruh proses persiapan, sehingga semua latihan maupun persiapan lainnya berjalan dengan baik, sesuai dengan kalender dan agenda yang telah dibuat oleh satgas

“Jadi ada agenda teknisnya, ada agenda rekreatifnya dan itu semua berjalan dengan baik,” ungkap Pariela di Ambon,  Senin (7/6).

Sementara menyangkut dana, Pariela menegaskan, dukungan dari Pemprov Maluku telah sesuai dengan yang direncanakan, sehingga saat ini sebagian besar energi KONI difokuskan pada traning center.

Training center pasca pandemi covid-19 yang sedang mewabah sampai saat ini, telah dilakukan secara terkonsentrasi di kampus, wisma atlet dan Balai Perikanan di Poka, sehingga semuanya berjalan dengan aman dan tertib sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Baca Juga: Sekda Pastikan Atlet PON Peroleh Bonus

“Anggaran yang dikucurkan dari permintaan KONI saat ini sudah ada sekitar Rp 13,4 miliar, tetapi baru dicairkan untuk termin pertama sekitar Rp 4,9 miliar,” ujarnya.

Semua yang anggaran yang dicairkan, telah digunakan untuk belanja traning center dan semua peralatan pada beberapa cabang olahraga yang diharapkan dapat menyumbangkan medali dari total 14 cabang olahraga yang akan diikuti oleh Maluku. (S-50)