AMBON, Siwalimanews – Setelah selesai melakukan tahapan penelusuran rekam jejak di Mabes Polri, Panitia Seleksi Sekretaris Daerah Maluku akan melanjutkan dengan tahap makalah dan wawancara.

Kelanjutan proses seleksi ini di­-ungkapkan langsung Ketua Panitia Seleksi Sekretaris Daerah Maluku, M J Sapteno kepada Siwa­lima, melalui WhatsApp, Senin (15/8).

Dijelaskan, penelurusan rekam jejak calon sekda merupakan salah satu dari rangkaian tahapan yang wajib diikuti oleh tiga peserta seleksi Sekda, masing-masing Sadli Le, Jasmono dan Hadi Sulaiman.

Tahapan seleksi ini, kata Sapteno dilakukan langsung oleh Tim dari Mabes Polri guna memastikan transparasi atas proses seleksi yang dilakukan agar dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dan moral.

“Sudah sampai seleksi yang kemarin dari Mabes Polri dan hari ini katong ada rapat untuk tahapan berikut sampai tanggal 20 mendatang,” ujar Sapteno.

Baca Juga: Penanganan Anak Usia Dini Harus Secara Utuh

Lanjut Sapteno, tiga calon sekda selanjutnya akan mengutus tahapan pemaparan makalah dan wawancara yang mekanismenya akan dibahas terlebih dahulu oleh tim pansel.

Rektor Unpatti dua periode ini menegaskan jika tidak ada halangan maka Pansel Sekda akan menyelesaikan semua tahapan pada pekan depan, sehingga dalam waktu dekat Provinsi Maluku telah memiliki sekda yang definitif. “Rencana sampai tanggal 21 terakhir kalau tidak ada hamba­tan,” tandas Sapteno. (S-20)