AMBON, Siwalimanews – Sukses dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sebesar Rp. 300 ribu per bulan, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memberikan penghargaan kepada sejumlah kabupaten/kota di Maluku.

Penghargaan berupa sertifikat atas kerja pemerintah daerah khususnya aparatur desa ini telah diberikan kepada sejumlah kabupaten/kota.

“Jadi dari 11 kabupaten/kota di Maluku, hanya 6 kabupaten dan 1 kota yang mendapat penghargaan dari Kementerian Desa,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Maluku, Umar Alhabsy, kepada wartawan, di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (2/12).

Umar merincikan penerimaan penghargaan ini diberikan kepada Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Buru, Kabupaten SBB, Kabupaten Buru Selatan dan Kota Ambon.

“Kabupaten Malteng diberikan kepada 48 desa, Kabupaten Malra 48 desa, KKT 9 desa, Kabupaten Buru 14 desa, Kabupaten SBB 1 desa, Kabupaten Bursel 17 dan Kota Ambon 20 desa,” rinci Umar.

Baca Juga: Ratusan Warga Desa Dosi Terancam tak Ikut Pilkada

Penilaian ini sendiri dilakukan oleh Kementerian Desa terhadap pengawasan dan evaluasi terhadap penyaluran BLT desa sejak pandemi Covid-19 berlangsung.

“Semenjak pak menteri mengeluarkan kebijakan BLT bisa digunakan dari DD, disitu mereka melihat dan pengawasi, ternyata banyak desa di Maluku yang dengan baik dalam pengelolaan DD terkhususnya bantuan langsung tunai sehingga diberikan penghargaan,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Maluku memastikan proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I dari Dana Desa (DD) tahun 2020 di Maluku sudah hampir selesai dibagikan.

Upaya ini dilakukan pemerintah guna menekan berbagai dampak yang dirasakan masyarakat akibat pandemi Covid-19. Salah satunya penyaluran BLT kepada masyarakat penerima manfaat (KPM).

“BLT DD tahap I sampai dengan Rabu (17/6) sudah disalurkan ke 79.949 KPM dari 800 desa dengan anggaran sebesar Rp. 28.733.800.000,” ujar Kepala Dinas PMD Maluku Umar Alhabsy kepada Siwalima di ruang kerjanya, Rabu (17/6).

Dirinya menjelaskan secara keseluruhan penerima BLT DD di Maluku diserahkan kepada 99.029 KPM dari 1.198 desa di 11 kabupaten/kota di Maluku.

Proses penyaluran tahap I dari bulan April, Mei dan Juni sudah kita salurkan terus diupayakan agar dapat menyelesaikan semua KPM di seluruh desa di Maluku mendapatkan bantuan tersebut,” ujar Alhabsy. (S-39)