AMBON, Siwlaimanews – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan mutasi dan promosi jabatan di lingkungan TNI.

Dari puluhan perwira tinggi yang mutasi dan rotasi jabatan terdapat nama Brigjen Asep  Abdurachman sebagai Kasdam XVI Pattimura menggantikan Brigjen Stephanus Mahury yang meninggal dunia pada 14 Mei 2022, karena sakit.

Pergantian Kasdam XVI Pattimura ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/458/V/2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan Di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 30 Mei 2022.

Brigjen Asep Abdurachman yang sebelumnya menjabat sebagai Danpusintelad TNI ini, bukan wajah baru di Kodam Pattimura, sebab saat berpangkat Letkol, ia pernah menjabat sebagai Asintel Kasdam XVI Pattimura di tahun 2015-2016 menggantikan Kolonel Inf Tri Nugraha Hartanta saat kepemimpinan Pangdam Mayjen TNI Meris Wiryadi.

Saat menjabat sebagai Asintel Kasdam XVI Pattimura, Brigjen Abdurachman yang saat itu telah mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat dari Letkol menjadi kolonel berhasil mendamaikan kedua negeri di Jasirah Leihitu yang terlibat bentrok cukup lama yakni Mama dan Morela, sehingga mendapat apresiasi dari Pangdam XVI Pattimura. (S-06)

Baca Juga: PAW Ruhunussa, KPU Tunggu SK Pimpinan DPRD