AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Syafrial memimpin ziarah dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Kapaha, Rabu (4/10).

Tradisi ziarah dan tabur bunga dilakukan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun TNI ke 78 yang diikuti oleh jajaran TNI dari tiga matra dan forkopimda Maluku.

Acara diawali dengan upacara penghormatan pada arwah para pahlawan, peletakan karangan bunga di tugu monumen TMP oleh inspektur upacara, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama.

Setelah upacara, dilanjutkan dengan acara tabur bunga oleh seluruh peserta ziarah.

Pada kesempatan ini, Pangdam mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini dalam rangka memperingati HUT TNI bertemakan “TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”.

Baca Juga: Dampak El Nino, Polri Bantu Salurkan Air Bersih

“Ziarah ini dilaksanakan untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangan para Pahlawan bangsa yang gugur membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Pangdam.

Pangdam berharap kegiatan tersebut, dapat menginspirasi generasi penerus sehingga semangat persatuan dan perjuangan para Pahlawan akan selalu terpatri di dada, terkhususnya masyarakat Maluku dan Maluku Utara.

“Perjuangan belum berakhir kita sebagai penerus memiliki tugas melanjutkan perjuangan para pendahulu, melalui karya terbaik demi kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai,” tandasnya.

Hadir pada kegiatan itu Wakil Ketua DPRD Maluku Azis Sangkala, Kapolda Maluku  Irjen Lotharia Latif, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina,  Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Tiopan Hutapea, Wakapolda Maluku Jan Leonard de Fretes, para pejabat utama Kodam XIV Pattimura.

Selain iu hadir juga Ketua Persit KCK PD XVI Pattimura Shinta Syafrial beserta pengurus, Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III Widiya Said Latuconsina beserta pengurus, Ketua Pia Ardhya Garini Cab 7/D.III Lanud Pattimura Nita Tiopan beserta pengurus serta prajurit dan PNS Tri Matra.(S-10)