AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi VI DPR RI dapil Maluku, Hendrik Lewe­rissa mendesak PT Pertamina Persero untuk membangun de­pot BBM di Kabupaten Ma­luku Barat Daya.

Desakan politisi Gerindra Maluku ini diungkapkan dalam rapat rapat Panja Komisi VI DPR RI Tentang Transisi Ener­gi bersama Jajaran Direksi Pertamina dan PL, Senin (2/10) kemarin.

Lewerissa menjelaskan per­soalan ketersediaan BBM di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal namun faktanya belum ditindaklanjuti oleh Pertamina.

“Tanggal 4 September kebe­tulan saya punya kesempatan mendampingi pak Menteri Pertahanan berkunjung Ka­bupaten MBD khususnya Kota Tiakur, disitu tidak ada depot Pertamina,” ungkap Lewe­rissa.

Menurutnya, MBD meru­pakan salah satu kabupaten 3T yang berbatasan langsung dengan Timor Leste dan Australia dimana distribusi bahan bakar sangat tergantung dari cuaca.

Baca Juga: Sejumlah Satker Terima Bantuan Notebook

Jika cuaca ekstrim biasanya pasokan bahan bakar menjadi ter­hambat dan menimbulkan kesu­litan yang tiada tara bagi masya­rakat di kawasan 3T.

Karena itu Lewerissa berharap PT Pertamina dapat membangun de­pot Pertamina sehingga dapat menjem­batani persoalan BBM di daerah 3T. “Kalau bisa ada depot Pertamina yang dibangun di Kabupaten MBD sehingga masalah pasokan BBM akibat  pengaruh cuaca ekstrim dan tantangan geografis dapat diatasi secara tuntas,” jelasnya. (S-20)