AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Agus Rohman, beserta para pejabat utama Kodam XVI Pattimura melakukan kunjungan silahturahmi ke Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar, Selasa (4/8).

Tiba di Mapolda Maluku, Pangdam disambut langsung Oleh Kapolda beserta pejabat utama Polda lainnya dan langsung menuju aula Rupattama Polda Maluku.

Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman dalam pertemuan itu mengatakan, ia bersama PJU Kodam datang bersilaturahmi ke Polda Maluku sekaligus minta masukan dari Kapolda, selain itu pihak Kodam juga perlu banyak bertanya dari rekan-rekan PJU Polda Maluku.

“Kami mengetahui disini kerap terjadi konflik, saya selaku Panglima yang baru dalam pelaksanaan tugas kita jangan lupa berserah kepada Allah SWT. Saya selaku Panglima juga minta dari PJU Kodam XVI Pattimura harus sering bersinergritas dalam bekerja sama untuk kenyamanan di negri raja raja ini,” ucap Pangdam.

Dikatakan, ancaman-ancaman yang sering terjadi dari luar mau pun dari dalam negeri ini, itu adalah tugas utama TNI-Polri.

Baca Juga: 29 ASN di Pemkab Kepulauan Tanimbar Dilantik

Sementara terkait pelaksanaan pilkada yang akan digelar di empat kabupaten, pihaknya siap bersinergi bersama Polda Maluku dalam mengamankan jalannya pelaksanaan pesta demokrasi ini nantinya.

“Dalam pilkada yang terselenggara nanti, kami akan berusaha semaksimal mungkin dalam menuntaskan dan mengamankan pilkada serentak di Maluku ini,” ucap Pangdam.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar, menyambut baik dan ia bersama PJU Polda Maluku sangat berterimakasih atas kedatangan Pangdam XVI/ Pattimura beserta PJU Kodam di Polda Maluku.

“Kurun waktu 6 bulan bertugas berbagai persoalan kamtibmas terjadi di wilayah hukum Polda Maluku, diantaranya kejadian pertikaian antar desa dan masalah konflik vertikal dan horizontal,” ungkap kapolda.

Menyangkut perkembangan situasi di Maluku dalam menghadapi pilkada serentak nanti, kata kapolda, Polda Maluku juga pernah membahas hal ini dengan mantan Pangdam XVI Pattimura yang lama, namun dalam kesempatan silahturahmi ini, selaku Kapolda Maluku beserta para PJU sangat mengutamakan sinegritas antar TNI-Polri yang sudah dibina selama ini.

“Untuk menyikapi serta mengamankan pilkada nanti, ada juga instanisi lain dalam hal ini Gakumdu yang melibatkan Kejati Maluku dan Bawaslu. Kita bersama bergandengan tangan untuk mengawal proses perjalanan tahapan pilkada yang berlangsung di beberapa kabupaten nanti di Maluku,” kata kapolda.

Kapolda berharap, kerja sama yang baik antar PJU Kodam XVI/Pattimura bersama PJU Polda Maluku terutama As Ops dan Karo ops untuk saling berkoordinasi.

“Kami dari pihak TNI-Polri dalam pergerakan tugas dan operasional kedepannya, sangat membutuhkan kinerja dan sinergitas yang baik dari dua satuan kerja ini,” tutur kapolda.(S-45)