AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI/Pattimura, May­jen TNI Jeffry Apoly Rahawarin beserta Istri Ny Arni Sukarni tiba di Bandara Inter­na­sional Pattimura Ambon Senin (8/3). Putra asli Maluku ini hanya disambut Sekda Maluku Kasrul Selang me­wakili Pemprov Maluku.

Rahawarin disambut de­ngan tarian lenso kemudian bertolak me­nuju Makodam XVI/Pattimura guna melaksanakan tradisi penyambutan.

Diawali dari pengalungan kain adat khas Maluku dan pem­berian bucket bunga cengkeh oleh Kas­dam XVI/Pattimura Brigjen TNI Gabriel Lema beserta istri, Pang­dam beserta ibu berjalan menuju Makodam dengan diriingi penam­pilan Drumband Pela Gandong Kodam XVI/Pattimura.

Setelah menerima hormat jajar dari regu jaga kesatrian, Pangdam XVI/Pattimura beserta istri menuju lobby Makodam yang sebelumnya dipandu dengan Tarian Adat Cakalele.

Acara dilanjutkan dengan pe­nyerahan Risalah Sertijab dari Mayjen TNI Agus Rohman kepada Pangdam XVI/Pattimura serta Pengukuhan Ibu Raksakarini Sri Sena Kodam XVI/Pattimura. Kemu­dian diakhiri dengan kegiatan apel bersama yang diikuti perwakilan para prajurit baik Satpur dan Banpur serta PNS TNI Kodam XVI/Pattimura.

Baca Juga: Fatlolon Bantah Tolak PI 10 Persen Blok Masela

Rangkaian kegiatan tradisi pe­nyambutan Pangdam Baru terse­but dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Untuk diketahui, pucuk pimpinan Kodam XVI/Pattimura resmi ber­ganti. Usai serah terima jabatan di Mabesad, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu, kini Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Bidang SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam ditunjuk menjadi Pangdam XVI/Pattimura menggantikan Mayjen TNI Agus Rohman yang saat ini sudah menjabat sebagai Pang­kogabwilhan III.

Mayjen TNI Jeffry Apoly Raha­warin merupakan Putra Maluku kedua yang menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura ke 19, yang mana Putra Maluku pertama menjabat Pangdam XVI/Pattimura adalah Brigjen TNI Max. M. Ta­maela sebagai Pangdam Pertama (15 Mei 1999-26 Juni 2000) dari beralih status Korem 174 PTM menjadi Kodam XVI Pattimura 15 Mei 1999 di Ambon. (S-32)