AMBON, Siwalimanews – Ombudsman berharap, kota Ambon tidak hanya menjadi yang terbaik di Provinsi Maluku, tetapi juga di Indonesia dalam hal pelayanan publik.

Haarapan tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Ombudsman RI Suganda Pandapotan Passaribu dalam sambutannya sebelum menyerahkan piagam penghargaan pelayanan publik ke Pemkot Ambon dalam apel bersama dengan Penjabat Walikota Ambon, sekot serta seluruh ASN di Pattimura Park, Selasa (30/1)

Menurutnya, apa yang telah diraih oleh pemkot dalam pelayanan publik mesti diapresiasi, sebab capaian tersebut merupakan hasil dari kerja bersama seluruh ASN pada OPD-OPD terkait yang menjadi fokus pelayanan publik.

“Terkait dengan hasil penilaian pelayanan publik ini merupakan prestasi bersama, ” ungkapnya

Pasalnya kata Passaribu, pelayanan publik bisa berjalan dengan baik, apabila seluruh ASN bisa mengupayakan pelayanan sesuai prosedur bagi masyarakat. Hal itu bertujuan agar masyarakat mengetahui, bahwa pemerintah ada untuk masyarakat.

Baca Juga: KPU Ingatkan Peserta Pemilu Taati Aturan Kampanye Terbuka

Ditempat yang sama, Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena dalam sambutannya mengaku, dalam tanggungjawab membangun Kota Ambon, pemkot memiliki tugas besar, diantaranya terselenggaranya pelayanan publik dan juga pembangunan.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh ASN agar menjalankan tugas sesuai prosedur, sehingga seluruh tata kelola pemerintahan maupun pelayanan publik bisa berjalan dengan baik.

“Prosedur dalam menjalankan pelayanan publik mesti dilakukan dengan rasa tanggungjawab, kemudian berjalan secara sistematis, sehingga dapat terintegrasi dengan baik pula,” ujarnya.

Menurut walikota, pelayanan publik merupakan hal yang mendasar dan tidak sulit, apabila ASN dapat menjalankan tugas dengan baik, sehingga seluruh pelayanan publik bisa berjalan maksimal.

“Di tahun 2022 kita ada di zona kuning, tahun 2023 kita berhasil memperoleh peringkat yang baik yaitu pada zona Hijau. Itu berarti saudara-saudara telah menjalankan tugas sesuai prosedur, ” tandasnya.

Walikota berharap, kedepannya pemkot tetap bisa mempertahankan apa yang telah diraih. Bahkan seluruh ASN diminta untuk terus meningkatkan kinerja sehingga pencapaian lebih baik lagi.

“Kiranya, apa yang telah diraih bisa dipertahankan dan lebih giat lagi sehingga hasil yang dicapai nanti lebih baik lagi kedepannya,” tutur walikota.(S-29)