AMBON, Siwalimanews – Kantor Perwakilan Bank Indonesia  Provinsi Maluku menggelar Syariah Lokal Ekonomi Festival (Salam Fest) Maluku 2024.

Kegiatan yang berlangsung Pattimura Part Ambon itu akan berlangsung selama 2 hari, sejak Jumat (3/5) hingga Sabtu (4/5) besok dibuka Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku, Rawindra Ardiansyah

Dalam sambutannya, ia mengatakan Salam Fest merupakan rangkaian dari Road to Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang diselenggarakan oleh seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia se-KTI.

“Salam Fest 2024 ini diharapkan dapat menyasar berbagai kalangan masyarakat, termasuk pelaku UMKM, asosiasi dan komunitas masyarakat, stakeholder serta perbankan syariah,” harapnya.

Dikatakan, berbagai program BI dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, mencakup kick off program pengembangan halal center, selebrasi UMKM terpilih dalam kurasi Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA), business matching pembiayaan syariah, program ketahanan pangan pesantren, penyaluran BSBI program Ramadan, serta tabligh akbar.

Baca Juga: Kejati Diingatkan tak Diamkan Kasus Reboisasi & Covid

“Diharapkan juga dapat memberikan dorongan dan dukungan bakat karya di Maluku untuk terus berkembang guna mendorong ekonomi dan keuangan syariah sebagai arus utama kebijakan nasional,” terangnya.

BI Maluku  juga selalu melakukan koordinasi dengan Kemenag, BPJPH dan Perbankan Syariah, untuk menyukseskan kegiatan Salam Fest 2024  sehingga dapat memberikan dampak terhadap pengembangan ekonomi Syariah di Maluku.

Dia menambahkan, dalam upaya mendukung perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, pihaknya berkomitmen untuk terus menggelar Fesyar ini sebagai rangkaian pre-event kegiatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang akan dilangsungkan di Jakarta Oktober mendatang.

“Berbagai rangkaian Salam Fest dapat semakin mendorong literasi masyarakat serta meningkatkan kapasitas produk dari pelaku usaha syariah untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang sejalan dengan prinsip-prinsip syariah yang ada di Maluku,” ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Maluku, Ir. Sadli Ie dalam sambutannya yang dibacakan Pelaksana Tugas Asisten Administrasi Umum Setda Maluku, Ir. Ismail Usemahu mengatakan, Provinsi Maluku mengapresiasi kegiatan dimaksud.

Dikatakan, ini juga dalam rangka mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di Maluku.

“Prinsipnya pemerintah provinsi mendukung penuh berbagai program yang dilakukan oleh BI untuk mendorong mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Maluku,” ucapnya.(S-25)