MASOHI, Siwalimanews – Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Kerumahtanggaan PWI Maluku, Mochtar Touwe melakukan kunjungan kerja pertama di luar Kota Ambon dengan mendatangi PWI Maluku Tengah, Selasa (13/6).

Kedatangan Touwe dalam rangka silaturahmi serta konsolidasi organisasi, disambut Pelaksana Tugas Ketua PWI Malteng Stewart Toisutta bersama seluruh anggota PWI di bumi Pamahanu-Nusa.

Dalam kesempatan itu Touwe meminta pelaksana tugas bersama seluruh anggota PWI Malteng mengendepankan kode perilaku wartawan yang saat ini telah dirilis resmi oleh PWI sebagi pedoman operasional.

“Dalam melaksanakan tugas wartawan anggota PWI tidak hanya memperhatikan kode etik jurnalistik, AD/ART PWI namun namun kode perilaku wartawan juga telah diputuskan sebagai bentuk pedoman operasional seluruh anggota PWI dalam melaksanakan tugas jurnalistik di mana saja,” katanya.

Dikatakan seluruh wartawan anggota PWI juga mesti melak­sanakan pedoman operasional itu dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Baca Juga: Dewan Kritisi Penggunaan Nama Ismail Murad di Masjid Waiheru

“Ini himpunan pedoman operasional PWI yang mesti ditaati. Tentu tujuannya adalah profesional wartawan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dapat lebih dikedepankan agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan  dalam melaksanakan kerja jurnalis,” ujarnya.

Selian menegaskan soal kode perilaku yang harus diutamakan wartawan anggota PWI, OKK PWI Maluku juga menegaskan pesan ketua PWI Maluku Alex Sariwating agar dalam tahun ini seluruh pengurus PWI Kabupaten kota di Maluku dapat dipastikan dalam tahun ini telah devinitif.

“Pesan pak ketua agar minimal salam tahun ini seluruh pengurus PWI kabupaten kota telah definitif, termasuk pengurus PWI Malteng, terangnya.

Olehnya bangunlah kesadaran bersama bahwa organisasi ini penting. Harus solid dan membangu tim work yang baik supaya tugas tugas organisasi dapat berjalan sesuai harapan.

Pelaksana tugas Ketua PWI Malteng, Stewart Toisuta menyampaikan terima kasih atas kunjungan Ketua OKK PWI Maluku ke Malteng.

“Kami mengapresiasi kunjungan bang Moh yang terus peduli dengan keberlangsungan PWI Malteng,” kata Stewart.

Meski agenda kunjungan berkaitan dengan tugas lain, menurutnya beliau boleh memberikan waktu untuk berbagi info serta harapan dan misi ketua PWI Maluku kepada segenap anggota PWI di Malteng. “Tentu kami akan berkomitmen melaksanakan seluruh tugas organisasi yang menjasi tanggung jawab pelaksana tugas ketua untuk segera melaksana­kan konferensi PWI di kabupaten Malteng,” tutupnya. (S-17)