KETUA TP.PKK Maluku Barat Daya, Ibu Rely Noach lantik 9 Ketua TP. PKK Kecamatan dan 17 Bunda Paud Tingkat Kecamatan di Gedung Sekretariat Pramuka MBD, Senin (26/6).

Dalam sambutannya Noach menyampaikan, dalam sejarah perkembangannya selama kurang lebih hampir 4 dekade, kegiatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat dan tumbuh bersama masyarakat guna men­dorong keluarga agar hidup se­jahtera, maju dan mandiri.

“Program PKK hadir dalam kehidupan masyarakat Indonesia mulai dari tingkat Desa dan Kelu­rahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga tingkat Nasional dengan 10 Program Pokoknya, mampu bersinergi dengan seluruh tatanan pemerintahan untuk men­dorong kemajuan dan perkembang­an keluarga Indonesia,” ujar Ibu Rely.

Dikatakab, kiprah dan peran PKK di Kabupaten Maluku Barat Daya kurang lebih 1 dekade ini telah berkontribusi positif dalam mem­bantu pemerintah daerah mendo­rong peningkatan kesejahteraan keluarga walaupun diakui sungguh bahwa belum dilakukan secara optimal.

“Terdapat sejumlah kendala dalam mewujudkan fungsi dan peran organisasi ini secara baik, dian­taranya diakibatkan luasnya rentang kendali wilayah, sehingga peran pembinaan, konsolidasi organisasi, serta peningkatan fungsi dan peran organisasi secara berjenjang mulai dari Desa, Kecamatan dan Kabu­paten belum dilakukan secara optimal,” tambah Ibu Rely.

Baca Juga: Rumalowak Lantik Pengurus Cabang PGRI Kilmury

Ditambahkan, TP.PKK Kecamatan dalam kesehariannya bertanggung jawab mendampingi suami selaku camat di wilayah masing-masing, untuk tetap bekerjasama mening­katkan peran dan fungsi PKK dalam mendorong pengembangan kese­jahteraan keluarga di Kecamatan masing-masing.

“Jika mampu menjadi contoh dan dalam keseharian kehidupan keluarga di masyarakat, maka saya yakin seluruh program PKK di Kecamatan akan dapat dilaksanakan dengan baik. Selain itu membangun komunikasi baik dengan pimpinan kecamatan, forkopincam maupun para kepala desa, sehingga program-program yang akan dijalankan dapat disambut baik oleh masyarakat. Saya mengerti sungguh bahwa kondisi di masing-masing Kecamatan tidak sama. Untuk itu gunakanlah momen kunjungan kerja para camat di desa sebagai sarana untuk mendorong program-program PKK,” tegasnya.

Selain itu, kata dia, sebagai Ketua TP. PKK Kecamatan, juga berperan secara langsung sebagai Bunda PAUD pada masing-masing Keca­matan. Peran dan fungsi Bunda PAUD sangat strategis dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini bagi generasi penerus di MBD.

“Kedudukan Bunda PAUD merupakan sebuah pekerjaan suka­rela yang dilandasi oleh rasa cinta dan kasih sayang sebagai seorang ibu, sehingga dalam menjalankan tugas nantinya dibutuhkan kerelaan untuk memberi diri agar program ini dapat sukses,”tegas Ibu Rely dalam kapasitas sebagai Bunda Paud MBD.

Dirinya berharap, peranan stra­tegis dari Bunda PAUD Kecamatan untuk membangun komunikasi efektif dengan semua pemangku kepentingan di Kecamatan dan Desa agar bisa mendorong program PAUD menjadi sesuatu  yang dibu­tuhkan, dirasakan dan didukung dalam pengembangan kedepan,” pintanya.

Diakhir sambutannya, Ibu Rely menyampaikan, apa yang ditanam hari ini akan dituai di masa depan. Mungkin bukan untuk kita, tapi pasti bagi anak cucu nantinya.(*)