MASOHI, Siwalimanews – Curah hujan  tinggi yang akhir akhir ini mengguyur Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir. Bencana ini terjadi hampir setiap kali musim penghujan tiba.

Satu diantara wilayah itu adalah Negeri Makariki, meski tidak seluruh wilayahnya terendam, namun pada beberapa area desa terus tergenang ketika hujan tiba.

Yulia salah satu warga Negeri Makariki mengaki mengaku hujan deras yang mengguyur kota Masohi dan negeri Makariki,Senin (16/8) lalu membuat lingkungan tepat tinggalnya terendam air.

“Di lingkungan tempat tinggal kami, sering terjadi banjir. Parahnya hujan baru saja berlangsung air sudah mulai tergenang. Air sudah naik tinggi sekali mencapai lutut orang dewasa,” ungkap Yulia, yang mengaku tinggal di kawasan kilo meter 1 Negeri Makariki itu kepada koran ini, kemarin.

Dia menjelaskan, hujan baru saja turun beberapa saat, telah dapat mengenai kawasan lingkungan rumah. Air meluap dari selokan. Banjir itu sambung Dia bahkan lebih parah dari sebelumnya.

Baca Juga: PLN Berhasil Melistriki Desa Tayando Yamtel di Malra

“Selokan air yang kotor dan tersumbang menyebabkan air beluap. Akibatnya memasuki kawasan lingkungan rumah dan tergenang. Ini lebih parah dari sebelumnya. Sebab air bahkan menutup badan jalan. Ruang jalan di sekitar rumahnya  tertutup genangan air,” tandasnya.

Dikatakan, banjir yang kerap melanda lingkungan rumahnya itu tidak murni disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Namun juga diakibatkan manusia.

“Ini tidak murni karena curah hujan yang tinggi. Banjir dilingku­ngan kami juga disebabkan tangan tangan orang orang yang tidak ber­tanggung jawab yang tidak men­jaga lingkungan,terutama kebersi­han selokan akibatnya lingkungan perumahan kami dan bebera tentangga lain tergenang ketika hujan turun,” tukasya. (S-19)