AMBON, Siwalimanews – Rate Buton, nelayan asal Pu­lau Buru dinyatakan hi­lang, ketika melaut di sekitar perairan Desa Wailihang, Kabupaten Buru.

Peristiwa hilangnya kor­ban baru dila­porkan oleh tokoh masyarakat Sahril Salasiwa pada Rabu (18/3) sekitar pukul 18.00 WIT, namun informasi sampai ke Tim Rescue Pos SAR Nam­lea pada pukul 23.00 WIT.

Kepala Basarnas Ambon, Muslimin dalam rilis yang diterima Siwalima, Kamis (19/3) mengatakan, Basar­nas saat mendapat laporan langsung menuju ke Desa Wailihang berserta 1 unit rubber boat dan alat pendukung lainnya untuk melakukan pencairan.

Ia menjelaskan lokasi kejadian berjarak sekitar 47,28 km dari Pos SAR Namlea sehingga peralatan pencarian harus diangkut dengan menggunakan mobil.

“Proses pencaian sedang kita lakukan pada pukul 23.40 WIT dan tim berhasil menemukan perahu yang digunakan korban, tetapi sayangnya korban tidak ada. Posisi penemuan perahu dengan pesisir pantai kurang lebih 4 km dari desa Waprea.

Baca Juga: Mahasiswa KKN- PPM UKIM Sumbangkan Perpustakaan Mini

Menurutnya, proses pencarian sudah dilakukan sejak malam  dimana lokasi pencarian atau posisi 3° 3′ 35.71″ S-126° 44′ 2.60″ E tepatnya di Perairan Desa Wailihang.

Korban juga kata Muslimin, ketika keluar dari rumah untuk melaut mengenakan jaket loreng. “Proses pencarian dilakukan sejak malam hari dan dilanjutkan Kamis (19/3) pagi hari,” ujar Muslimin.

Dikatakan, Tim Pos SAR Namlea tidak sendiri tetapi proses pencarian dibantu oleh aparat TNI dan Polri serta masyarakat di sekitar. “Sampai saat ini korban belum berhasil kita temukan dan akan dilanjutkan pada hari Jumat,” tandasnya. (S-39)