MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, melantik delapan kepala pemerintahan adat. Pelantikan berlangsung di Baileo Pamahanunusa, Sabtu,(21/8).

Delapan kepala pemerintahan adat yang dilantik yakni Negeri Telutih Baru Tamsir Singgih Tehuayo, Negeri Asilulu Mohammad Risad Fahlevi Elly, Negeri Seti Janis Neil Edwin Aitonam, Negeri Hatuhenu Bennone Maollo, Negeri Soahuku Salmon. W. Tamaela, Negeri Samal Irma Rahayu, Negeri Waitonipa Miswandi dan Negeri Mamala M. Ramli Malawat.

Tuasikal dalam sambutannya, memberikan apresiasi dan komitmen saniri negeri, serta seluruh perangkat adat delapan negeri adat itu. Pasalnya pelantikan itu dapat terjadi karena dukungan semua masyarakat serta perangkat adat yang ada.

“Ini bentuk keseriusan dalam mengelola dan mengatur pranata adat serta dukungan seluruh masyarakat yang kemudian telah menetapkan calon Kepala Pemerintah Negeri.karnanya kami patut mengapresiasi hal itu,” tandas Tuasikal.

Baginya, kesadaran pemangku adat di negeri mestinya menyurut semua bentuk konflik kepentingan yang ada di negeri, sehingga jika hal ini dipahami,diyakini persoalan kepemimpinan di negeri tidak lagi menjadi masalah.

Baca Juga: Dishub Minta Pertamina Optimalkan Suplay Premium

“Sebetulnya persoalan pemerintah negeri bukan prodak pemerintah kabupaten. Konflik kepentingan di negeri yang mengakibatkan proses pengangkatan dan pelantikan Kepala Pemerintah Negeri itu menjadi terkatung-katung. Kalau semua pemangku adat di negeri negeri adat menyadari diri bahwa kepentingan negeri diatas segala galanya maka,kami yakin semua masalah dapat diselesaikan dengan cepat,” jelasnya.

Bupati berharap delapan KPN yang baru dilantik dapat mengemban amanat itu dengan penuh tanggung jawab agar roda pemerintahan di negeri dapat berjalan dengan baik demi kepentingan negeri dan masyarakat.

“Laksanakan tugas dengan tetap berpedoman terhadap peraturan perundang-undangan. Lakukan terobosan yang inovatif menuju cita-cita pembangunan. Anggaran yang sudah disiapkan dikelola sebaik mungkin untuk kepentingan rakyat,” pintanya.

Selain melantik para kepala pemerintahan negeri adat, Tuasikal juga melantik Penjabat Kepala Pemerintah Negeri Liang Boki Neniwati Seipala, Penjabat Negeri Tulehu Hasan Res Lestaluhu, Penjabat Negeri Suli A.M. Ohorella, Penjabat Negeri Tengah –Tengah Raipatty Hino Tuharea. Penjabat Negeri Tial Abubakar Tuarita, Penjabat Negeri Sahulau ST. Polnaya, Penjabat Negeri Haruru Agnes J Manuhutu, dan Penjabat Administratif Kobi Asrul Wajo. (S-36)