MASOHI, Siwalimanews – Setelah kurang lebih 16 tahun, Negeri Asilulu (Pesia Nusatelu) akhirnya memiliki Raja Devinitif,setalah Bupati Maluku Tengah Tuaskal Abua melantik  Muhammad Risad Fahlefi Ely sebagai Raja, Sabtu (21/8).

Pelantikan Fahlefi Ely bersama 7 Raja lainnya di Baileo Sukarno Malteng itu kemudian menjadi catatan sejarah baru bagi negeri yang berada dalam wilayah kecamatan Leihitu itu. Bagaimana tidak kegembiraan tidak bisa disembunyikan dari wajah puluhan warga Asilulu yang hadir saat itu.

“Kita sudah 16 tahun ini baru punya Raja lagi. Dan saya adalah Penjabat yang ke 8 baru ada proses ini mencapai puncak,” kata Penjabat KPN Negeri Assilulu, Rahmat Ely kepada wartawan di sela acara pekan itu.

Rahmat menjelaskan  penunjukan Fahlefi sebagai Raja Assilulu setelah mata rumah parentah Ely Lumahatu atau Lumaupal menggelar musyawarah mata rumah yang dihadiri anak keturunan Ely Lumahatu/Lumaupal. Dimana atas hasil musyawarah itu, langsung diserahkan kepada Badan Saniri Negeri untuk ditetapkan sebagai Raja atau KPN Assilulu.

“Raja Asilulu dipilih berdasarkan musyawarah matarumah parentah Ely Lumahatu bulan Juni.alhamdulilah hari ini pelantikan dilaksanakan,”jelasnya.

Baca Juga: Tiga Pejabat Kodam Pattimura Diserahterimahkan

Proses penentuan Raja tersebut baru tuntas setelah penjabat KPN ke 16 Rahmat Ely menduduki jabatan Penjabat selama satu tahun berjalan.

“Selama saya dipercayakan Bapak Bupati sebagai Penjabat, segala langkah telah saya lakukan bersama Saniri untuk menuntaskan pengangkatan Raja Assilulu sesuai amanat perda dan Peraturan Negeri tentang Matarumah parentah yang berlaku,” pungkasnya. (S-36)