AMBON, Siwalimanews – Gubernur Maluku, Murad Ismail, didampingi istri Widya Pratiwi, serta Ketua Harian Gugus Tugas Maluku, Kasrul Selang, dan sejumlah pimpinan OPD, mengunjungi para dokter dan perawat Covid-19 di tiga rumah sakit serta satu lokasi karantina di Kota Ambon, Minggu (24/5).

Rumah sakit yang dikunjunggi Murad yakni Rumah Sakit Tentara Tingkat II dr J.A. Latumeten, RSUD dr. M. Haulussy, Rumah Sakit Angkatan Laut dr. FX Suhardjo, dan Balai Diklat BPSDM Maluku.

Mengawali kunjungannya gubernur ke BPSDM di Wailela. Setibanya di lokasi karantina para pelaku perjalanan, serta orang tanpa gejala (OTG) serta tim dokter dan tenaga medis menyambut gubernur dan rombongan dengan suka cita.

“Kalian adalah pahlawan, saya berharap kalian tetap bersabar dalam melakukan tugas dan pelayanan,” ucap gubernur memberi semangat.

Pada kesempatan itu, Murad bersama istrinya menyerahkan titipan tali kasih mereka kepada para pejuang Covid-19 ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian mereka. “Jangan lihat isinya, mohon diterima. Ini hanya bentuk perhatian kami kepada kalian,” ujarnya.

Baca Juga: Tukang Sapu Jalan Minta Bantuan Sembako dari Pemkot

Sementara itu, setiba di RST Ambon, Murad disambut kepala rumah sakit setempat, dan dokter spesialis bedah, Muhammad Yunus. Keduanya membahas penanganan pasien, kelengkapan fasilitas dan persoalan terkait penanganan Covid-19 lainnya.

Setelah mengetahui fasilitas ventilator yang dimiliki rumah sakit yang sementara merawat 13 pasien Covid-19 itu, hanya ada dua unit dan diperuntukkan buat kebutuhan medis yang lain, Murad berharap akan segera membantu kekurangan itu.

“Kalau ada masalah, tolong disampaikan. Mudah-mudahan saya bisa bantu fasilitas ventilator buat rumah sakit ini,” ungkapnya.

Sesudah itu, Murad mengunjungi RSUD dr. Haulussy. Di rumah sakit ini, Murad memakai alat pelengkap diri (APD) lengkap, sebelum menuju ruang isolasi. Sesampainya di ruangan, Murad memberikan semangat dan apresiasi kepada para perawat.

“Tadi malam, saya sudah berjanji ke Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Maluku Kasrul Selang, besok (hari ini) kita akan mengunjungi perawat-perawat. Saya sangat konsen dan peduli terhadap masalah ini. Mereka luar biasa,” kata Murad.

Salah satu perawat, LP (50), mengucapkan terima kasih atas kunjungan itu. Dia dan rekan-rekannya bekerja merawat para pasien selama 70 hari sejak 16 Maret lalu di ruang isolasi. Gu­-bernur  juga berpesan ke masya­rakat untuk selalu mengikuti anjuran pemerintah. (S-39)