AMBON, Siwalimanews – Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Provinsi Maluku, Andi Munaswir mengingatkan Pemerintah Provinsi Maluku agar memperhatikan anggaran makan minum siswa di SMA Siwalima.

“Anggaran makan dan minum di SMA Siwalima harus menjadi perhatian serius ditahun 2024 ini, sebab sepanjang tahun 2023 lalu terjadi persoalan menyangkut anggaran yang tidak berbanding lurus dengan jumlah siswa yang diterima ditahun 2023,” ungkap Munaswir kepada Siwalima melalui pesan whatsapp, Senin (22/1).

Dijelaskan, ditahun 2023 lalu Dinas Pendidikan dan DPRD hanya menyepakati anggaran makan dan minum untuk 70 siswa dan setelah mempertimbangkan berbagai faktor maka dinaikan menjadi 90 orang tetapi dalam perkembangannya justru siswa yang diterima melebihi jumlah tersebut.

Bahkan, untuk tahun 2023 jumlah siswa yang diterima mencapai 106 orang artinya akan berdampak pada makan dan minum yang harus didapatkan siswa.

“Memang soal masalah kekurangan biaya makan minum pada SMA Siwalima Maluku ini saya sudah sampaikan berulang kali termasuk dalam kata akhir fraksi kemarin agar diperhatikan Pemerin­tah Daerah, sebab ini akibat dari pada penerimaan siswa baru yang melebihi kapasitas,” ujar Munaswir.

Baca Juga: DPRD Janji Tuntaskan Polemik di Negeri Soya

Kondisi ini menurut Munaswir mengakibatkan, siswa-siswi ber­prestasi yang adalah harapan masa depan Maluku terpaksa harus makan seadanya sesuai dengan keter­sediaan anggaran.

Munaswir menegaskan, tahun 2024 ini Pemerintah Daerah mau tidak mau harus menambah anggaran bagi makan dan minum siswa agar nutrisi yang diperoleh juga sesuai dengan standar.

“Kita berharap ditahun ini ada penambahan anggaranlah, agar makan yang diberikan sesuai nutrisi yang dibutuhkan sebab persoalan makan minum adalah suatu hal yang mendesak sehingga pemerintah daerah harus memperhatikan hal ini,” tegasnya.(S-20)