AMBON, Siwalimanews –  Peringatan Hari Vetaran Nasional (HVN) ke-73 dilakukan sebagai penghargaan dan penghormatan pemerintah dan rakyat kepada pahlawan yang berjuang dan membela Kemerdekaan RI.

HVN yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus itu kali ini digelar di Aula Korem 151/Binaiya, Batu Gajah, Sabtu, (20/8).

Gubernur dalam sambutan yang dibacakan Kepala Kesbangpol Provinsi Maluku, Daniel Indey mengatakann kalau pemerintah memberikan penghargaan disertai rasa bangga kepada para veteran pejuang kemerdekaan, dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

“Momentum ini akan semakin meningkatkan semangat juang dalam membangun Bangsa ini,” katanya.

“Peringatan HVN lanjutnya sebagai wujud penghargaan negara terhadap jasa dan pengorbanan para veteran dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Baca Juga: 2 Personel Korem 151 Binaiya Purna Tugas

Sesuai tema “Membangun Indonesia yang Maju dan Sejahtera Didasari Jiwa Semangat dan Nilai Juang 45”, maka generasi saat ini harus perkuat pemahaman tentang sejarah perjuangan bangsa.

“Dengan menanamkan nilai nasionalisme, patriotisme, cinta tanah air, semangat bela Negara dan budi pekerti,” harapnya.

Lebih lanjut ia juga mengucapkan terima kasih dan selamat kepada para veteran yang ada di Maluku.

“Peringatan HVN ini, selain sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa, juga dalam rangka menjalin silaturahmi dengan para veteran, pemerintah dan masyarakat dalam memupuk kebersamaan,” ujarnya.

Diketahui, kegiatan itu dihadiri Ketua DPD LVRI Provinsi Maluku, Karel Albert Ralahalu, Kasdam XVI/Pattimura Asep Abdurachman, para veteran dan undangan lainnya. (S-25)