AMBON, Siwalimanews – Untuk menghilangkan stigma masyarakat Kota Ambon, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon,  melakukan penyemprotan disinfektan di angkot jurusan Passo, di Terminal Transit, Selasa (19/5).

Penyemprotan yang dilakukan kepada 31 angkutan umum dengan ijin trayek Passo ini dilakukan langsung oleh Dinas Perhubungan Kota Ambon dan BPBD Kota Ambon. Selain itu juga sejumlah petugas dari Dinas Kesehatan Kota Ambon melalui puskesmas Passo juga melakukan tes pengukuran suhu tubuh (rata-rata 36° atau normal) terhadap para pengemudi angkot tersebut.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulete menjelaskan, tujuan penyemprotan ini selain untuk mensterilkan angkot Passo juga untuk meyakinkan masyarakat agar tidak terpengaruh dengan stigma yang sudah terlanjut beredar.

“Kedepan kita akan melakukan pengecekkan secara berkala, bukan saja kepada trayek Passo tapi semua trayek angkot di Ambon dan juga akan dilakukan penyemprotan terhadap angkot-angkot tersebut,” ungkap Sapulette, kepada wartawan, di Terminal Transit.

Sementara itu, Juru Bicara Gustu Kota Ambon, Joy Adriaansz dalam keterangannya menjelaskan, penyemprotan disinfektan yang dilakukan, merupakan permintaan dari pengurus jalur trayek Passo.

Baca Juga: Hentihu Beri Dukungan Atas Prestasi Nelayan di Buru

“Para pengemudi merasa terganggu dengan isu yang ber­-kembang yang mendiskreditkan me­-reka, yang berdampak pada pengha­-silan mereka, karena itu, mereka meminta pihak Gustu untuk mela­-kukan penyemprotan pada setiap angkot trayek Passo,” jelas Jubir.

Diketahui, selain penyemprotan kendaraan trayek Passo yang dilakukan pagi tadi, sore ini, Petugas Pemadam Kebakaran juga akan melakukan penyemprotan di Terminal Transit Passo setelah aktivitas pasar.

Jubir menghimbau kepada masyarakat untuk hilangkan pemikiran negatif terkait angkutan kota trayek Passo. “Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu ragu kalau mau menumpangi mobil angkot Passo,” ujarnya. (Mg-6)