MASOHI, Siwalimanews – Bupati bersama dengan pimpinan OPD lingkup Pemkab Malteng berlomba menjadi yang terbaik ketika mengikuti festival pangan lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), Minggu (21/8).

Festival pangan lokal ini sendiri digelar Tim Pengerak PKK Malteng merupakan serangkaian perayaan HUT Proklamasi RI ke-77.

Panauan Siwalima, Bupati Tua­sikal Abua dan Sekda Rakib Sa­hubawa juga turut terlibat dalam lomba tersebut.

Mayoritas yang dimasak adalah pangan lokal berupa Papeda yang terbuat dari bahan dasar sagu dan juga ikan kuah kuning bahan dasar ikan tuna. Lomba tersebut bertema­kan “Cegas Stunting Dengan Pangan Lokal Menuju B2SA”.

Ketua Tim Pengerak PKK Maluku Tengah, Amien Ruati Tuasikal mengatakan lomba tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Proklamasi RI ke-77.

Baca Juga: Momentum HVT Harus Jadi Semangat Membangun

“Kalau biasanya bapak-bapak yang dilayani, sekarang bapak belajar untuk masak khas Maluku seperti papeda, ikan kuah dan makanan lokal lainnya,” ujar Ruati.

Ruati menambahkan meski berlang­sung sederhana, namun upaya ini diha­rapkan dapat terus meningkat sum­bang­si Tim Pengerak PKK untuk mendo­rong masyarakat gemar memanfaatkan pangan lokal sebagai bahan pangan keluarga.

“Tim penggerak PKK sebagai mitra pemerintah daerah untuk terus mendo­rong masyarakat gemar makan ikan dan mengkonsumsi pangan lokal yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, sehingga dapat mengurangi stunting, gizi buruk dan tentu saja sangat baik dimasa pandemi Covid-19 saat ini, demi terwujudnya Maluku Tengah yang Sehat,” ungkapnya. (S-17)