AMBON, Siwalimanews – Guna menuju adaptasi kebiasaan baru atau new normal, maka Brimob Polda Maluku kembali melakukan sterilisasi sejumlah lapak PKL dan swalayan di Kota Ambon dengan cairan disinfektan, Selasa (1/12).

Penyemprotan tersebut dilakukan secara manual oleh 10 personil Detasemen Gegana yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa ll Polda Maluku yang dipimpin Ipda A Manullang.

“Penyemprotan disinfektan tersebut bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di wilayah Kota Ambon,” ungkap Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes M Guntur.

Sasaran penyemprotan disinfektan yang digelar ini diantaranya lapak PKL di kawasan Talake dan Air Salobar sertas ejumlah swalayan. Selain itu penyemprotan juga dilakukan pada pertokoan di Kudamati, Jalan Yos Sudarso serta fasilitas umum lainnya.

Baca Juga: 8 Bulan Brimob Maluku Berjuang Basmi Covid

“Penyemprotan disinfektan ini dilakukan setiap harinya secara bergiliran. Besok dan seterusnya akan kami laksanakan penyemprotan terus menerus secara rutin, namun dengan lokasi yang berbeda,” ucapnya.

Kegiatan ini merupakan perintah langsung Pimpinan Polri kepada seluruh jajaran Polda yang ada kewilayahan daerah termasuk di Polda Maluku untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran virus corona.

Personel yang turun melakukan sterilisasi ini disebar pada beberapa titik penyemprotan. Mereka menggunakan alat penyemprotan secara manual serta menurunkan 1 unit mobil dekontaminasi untuk menyemprotkan desinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Intinya di sejumlah tempat keramaian Kota Ambon kami semprot untuk mencegah penyebaran virus corona,” ujar Dansat.

Apa yang dilakukan Brimob Maluku ini sebagai satu cara untuk sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat agar mereka dapat memahami program-program yang akan dilaksanakan saat penerapan new normal nantinya.

“Maksud dan tujuan adalah yang pertama agar masyarakat mau dengar, yang selanjutnya masyarakat mau mengerti dan yang ketiga masyarakat mau melaksanakan apa yang akan kita sosialisasikan yang tentunya dalam hal ini mentaati protokol kesehatan, serta sebagai bentuk bakti Brimob Polda Maluku untuk masyarakat,” pungkasnya. (S-45)