Kementerian Dalam Negeri memberi penghargaan atas kerja Pemerintah Kota Ambon atas terbentuknya Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Penghargaan ini diberikan kepada penjabat Walikota Ambon bodewin wattimena yang ditandatangani oleh menteri dalam negeri Cq Direktur Jenderal Politik dan Peme­rintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar.

Penjabat Walikota saat memimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara di Balai Kota, Senin (19/12) membenarkan kalau Pemkot Ambon menerima penghargaan tersebut.

Menurutnya pembentukan gustu GNRM berdasarkan Instruksi Presiden Nomor: 12 Tahun 2016.

“Keberadaan mereka guna ikut membantu pemerintah memperbaiki dan membangun karakter bangsa dengan mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong untuk membangun budaya bangsa,” kata walikota.

Baca Juga: Walikota: Kita Bertanggungjawab Jaga NKRI

Dalam inpres tersebut lanjutnya terdapat lima program yang diyakini menjadi pedoman untuk  pelaksanaan GNRM di daerah, diantaranya; program gerakan melayani, Indonesia bersih, Indonesia bersih, Indonesia tertib, mandiri, dan bersatu. Dalam Pelaksanaannya, Kota ini telah menjalankan lima program berkaitan yaikni, Ambon bersih, tertib, melayani mandiri dan bersatu.

Oleh Sebab itu, Pemkot menerima pengahargaan dari kerja kerasnya. Hal ini tentu diapresiasi oleh pemerintah kota.

“Penghargaan ini bukan menjadi hal yang penting. Tetapi, yang terpenting adalah kota Ambon telah melakukan apa yang menjadi kewajiban kita untuk membangun garda yang membentuk Bela Negara di Kota Ambon,” tandasnya.

Dirinya berterimakasih kepada seluruh pimpinan OPD, seluruh aparatur yang setia menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam rangka pembenahan kota ini kedepan.

“Saya berharap upaya-upaya yang saat ini dilakukan menjadi tujuan kita bersama. Ketika nanti ada pemimpin yang baru bisa melanjutkan dan melakukan sesuai dengan yang telah kira buat sistemnya, prosedurnya, mekanismenya kita buat secara baik,” harap.

Untuk diketahui, penghargaan tersebut diberikan oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum saat Rakornas Penguatan dan Pembentukan Gusti GNRM,            yang berlokasi di, Grogol Hotel Jakarta, Selasa 22 November lalu. (S-25)