AMBON, Siwalimanews – Warga kota dminta untuk tetap mewaspadai penyebaran Covid-19, walaupun saat ini Ambon telah masuk pada zona kuning atau resiko rendah.

“Naiknya angka covid diduga karena menurunnya kepatuhan masyarakat terhadap prokes yang dicanangkan pemerintah, sehingga masyarakat harus tetap waspada meskipun sudah masuk di zona kuning,” pinta angggota DPRD Kota Ambon Risna Risakotta kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat Belakang Soya, Rabu (25/8).

Menurutnya, peningkatan statistik penyebaran Covid-19 merupakan sebuah peringatan, agar seluruh lapisan masyarakat tetap waspada dan tidak meninggalkan prokes.

Kota Ambon yang sempat kesulitan untuk keluar dari zona orange, akhirnya telah beranjak ke zona kuning, dengan skor zonasi 2,68 lebih baik dari skor pekan lalu 2,03. Itu berarti ada mengalami perubahan yang cukup baik.

“Saya minta pemkot yang didalamnya ada Satgas Covid tidak boleh lengah melawan Covid-19 meski saat ini status PPKM level 3,” ujarnya.

Baca Juga: PLN Didesk Penuhi Permintaan Pedagang

Selain itu kata politis Demokrat ini, perlu juga adanya disiplin di masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan pada setiap aktivitas sehari-hari.

“Ini sudah sering disosialisasikan oleh satgas dan pemerintah, cuma perlu kesadaran masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan demi memutuskan mata rantai Covid-19,” pungkasnya. (S-51)