PENJABAT Bupati Maluku Tengah Muhamat Marasabessy menilai turnamen sepak bola yang di gelar di Negeri Tulehu kecamatan Salahutu sangat strategis. Hal itu kata Marasabessy menunjukan pembinaan olahraga di negeri penghasil pemain sepak bola di Maluku itu masih terus berjalan.

“Saya melihat bahwa turnamen ini, merupakan kejuaraan yang bernilai penting dan strategis, karena dapat dijadikan sebagai salah satu indikator masih berjalannya pembinaan dan pelatihan olahraga sepakbola disetiap desa. Khusus untuk Negeri Tulehu, kita tahu bahwa Negeri Tulehu merupakan kampung sepakbola Maluku dan Indonesia” Tandas Marasabessy saat membuka turnamen sepakbola Tulehu di lapangan Matawaru, Negeri Tulehu, Minggu (11/12).

Kadis PU Maluku itu kemudian memberi apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas dilaksanakannya turnamen sepakbola bagi semua panitia yang telah menggagas terlaksananya agenda itu.

“Selaku Penjabat Bupati, saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana yang telah menginisiasi serta menyelenggarakan turnamen sepakbola ini. Saya yakin bahwa kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Raja Tulehu dan seluruh jajarannya,” tandas Bupati.

Dikatakan, pemerintah daerah mendukung penuh agenda itu. Sebab melaluinya pembangunan sumberdaya manusia di bidang olahraga dapat terus dilakukan dan dipastikan menghasilkan atlit atlit sepakbola yang handal.

Baca Juga: DPD PPNI Maluku Tengah Dilantik

“Kehadiran saya secara langsung merupakan buktinya nyata dukungan Pemerintah Daerah atas setiap kegiatan yang bersifat positif serta memberikan dampak langsung terhadap pembangunan sumberdaya manusia di Kabupaten ini. Salah satu tujuan pembangunan nasional saat ini adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, meliputi peningkatan kualitas mental dan fisik, agar kedepannya kita memiliki generasi muda yang berkualitas, fisik yang sehat, tangguh, tumbuh, berdaya dan berhasil guna. Semua itu tentunya, akan mampu kita olah, salah satunya dari dunia olahraga. termasuk olahraga sepakbola,” jelasnya.

Marasabessy berharap pola pembinaan olahraga sepakbola di negeri Tulehu harya dapat dipastikan terus berjalan. Sebab sepakbola saat ini telah berkembang menjadi industri besar yang harus dijemput dengan kesiapan mental fisik dan skil atlit yang memadai.

“Pola pembinaan sepakbola di Negeri Tulehu telah dilakukan secara profesional dan ini ditunjang dengan kompetisi yang dilakukan secara rutin. Sepakbola saat ini sudah berkembang sangat modern dan sudah menjadi industri besar. Tulehu harus mendapat atensi khusus terutama dalam pengembangan dunia olahraga sepakbola,” cetusnya.

Marasabessy mengaku, pemerintah punya banyak keterbatasan, tetapi dengan kekuasaan dan kewenangan yang dimiliki, diharapkan kedepan pemerintah dapat memfasilitasi dan mendorong banyak pihak untuk terlibat aktif membangun sepakbola di Negeri Tulehu sebagai salah satu kiblat sepakbola tanah air. (S-17)