AMBON, Siwalimanews – Mgr Petrus Canisius Mandagi, secara resmi ditunjuk oleh Vatikan sebagai Uskup Agung Merauke di tanah Papua.

Pengumuman itu Mandagi sebagai Uskup Agung Merauke dismapaikan Sekretaris Jenderal Keuskupan Agung Merauke, Romo Hendrikus Kariwop, dalam Misa yang disiarkan secara virtual, kemarin.

Sebelum diangkat menjadi Uskup Agung Merauke, Mandagi sempat bertugas menjadi administrator apostolik Keuskupan Agung Merauke. Ia menggantikan Mgr Yohanes Philipus Saklil yang meninggal pada Agustus 2019. Sejak saat itu, Mandagi, yang juga Uskup Amboina, sering pulang pergi Papua-Maluku.

Dengan diangkatnya Mandagi sebagai Uskup Agung Merauke, maka Mandagi dipastikan akan menetap di Merauke. Oleh sebab itu, untuk sementara  menunggu pengangkatan Uskup Amboina yang baru, Mandagi masih bertanggung jawab atas Keuskupan Amboina.

Untuk diketahui, posisi Uskup Agung Merauke kosong pasca diberhentikannya Uskup Nicolaus Adi Seputra, MSC pada tahun lalu oleh Vatikan.

Baca Juga: Keuskupan Rayakan 26 Tahun Tahbisan Uskup Mandagi

Mandagi sendiri merupakan salah satu tokoh perdamaian di Maluku saat daerah ini porak-poranda akibat konflik sosial.

Peran Mandagi yang paling terasa adalah menjadi salah satu tokoh perdamaian kala Maluku dilanda konflik sosial bernuasa agama pada tahun 1999. Oleh banyak kalangan di Maluku, Mandagi dianggap sebagai ”Bapak” orang Maluku. (Cr-5)