AMBON, Siwalimanews – Sejumlah kegiatan digelar menjelang perayaan HUT TNI ke 77 mulai dari aksi bersih pantai, donor darah, retret hingga Maluku Fashion Week dan kegiatan lainnya.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa kemudian menggagas Maluku Fashion Week bertemakan “Ronda Bagaya Maluku Katong Pung Gaya” berlokasi di zebra cross depan Monumen Gong Perdamaian, Minggu (25/9) diikuti oleh puluhan warga Kota Ambom termasuk TNI dan polri.

Acara ini pun menyedot antusias masyarakat Ambon yang berbondong- bondong memadati jalan seputaran Gong Perdamaian dan Lapangan Merdeka.

Pangdam XVI/ Pattimura, yang diwakili oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman, mengatakan kegiatan Maluku Fashion Week adalah sarana komunikasi dan kultural yang digunakan individu maupun kelompok untuk menggambarkan serta mengkomunikasikan identitasnya secara non verbal.

“Fenomena Citayam Fashion Week SCBD adalah keinginan sekelompok orang muda yang butuh ruang untuk menyalurkan minat fashion mereka dan jika hal ini diwadahi, dikelola dengan baik dapat menjadi sarana promosi daerah, maupun pariwisata Maluku,” kata Kasdam.

Baca Juga: Pemprov Dituding tak Niat Perbaiki RS Haulussy

Menurutnya kegiatan ini dalam rangka HUT ke-77 TNI dapat menjadi sarana bagi anak muda Maluku berekspresi dan menyalurkan bakat, di bidang fasion dengan mengedepankan budaya orang Maluku.

Tidak hanya masyarakat saja yang mengikuti ecara ini, peserta juga juga berasal dari TNI dan para pegawai, baik PNS maupun pegawai swasta. Tak hanya berlenggak lenggok di catwalk, Maluku Fashion Week juga dimeriahkan dengan lomba joget Tiktok dan berbagai booth UMKM di kota Ambon.

Donor Darah

Sebelumnya juga digelar donor darah yang dipusatkan di salah satu mall di Kota Ambon, Jumat (23/9).

Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVI Pattimura, Indah Ruruh A. Setyawibawa menghadiri acara donor darah tersebut, bahkan pangdam turut serta mendonorkan darahnya, diawali dengan pendaftaran, tensi dan pemeriksaan.

Pelaksanaan donor darah turut berkolaborasi dengan PMI Ambon dan puskesmas serta dihadiri oleh para prajurit TNI dan Polri.

Pangdam pada kesempatan itu mengatakan, aksi donor darah ini dilaksanakan selain sebagai rangkaian kegiatan HUT TNI, juga sebagai wujud kepedulian terhadap kemanusiaan.

“Hari ini rekan-rekan yang terlibat donor darah berasal dari Kodam, Lantamal, Lanud juga Polda Maluku. Untuk targetnya, sebetulnya bisa sangat banyak, tetapi karena kemampuan penampungan kantong darah PMI terbatas, maka hari ini jumlah kantong darah yang ditargetkan sebanyak 250 kantong,” jelas Pangdam.

Pembinaan Rohani

Selain itu juga guna mening­katkan pembinaan rohani, prajurit dan PNS Kodam XVI Pattimura yang beragama Kristen Protestan mengikuti retret yang dipusatkan di Wisma Gonzalo, Karang Panjang.

Kegiatan yang berlangsung 21-23 September ini memiliki makna, bahwa untuk sementara waktu menjauhkan diri sendiri dari lingkungan kesehariannya.

Letkol Caj (K) Pendeta Tiara Indah dalam khotbahnya mengatakan menyangkut rumah tangga bahagia, berakar dan bertumbuh di dalam Kristus, berbuah di dalam Kristus dan juga serangkaian ibadah.

Retret ini turut dihadiri sejumlah pejabat, diantaranya Kadisbintalad Brigjen Nur Salam, Kabintaljarahdam XVI Pattimura Kolonel Inf Jocky Pesulima dan Kasubdisbinrohprot Kolonel Inf Djumator Ruben Sirompo. (S-25)