MASOHI, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah mengusulkan pengambangan tiga industri masuk dalam prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional. Tiga pengembangan industri yang diusulkan masing-masing, pengembangan sektor pariwisata, perikanan dan pengembangan kawasan perkebunan.

Sekda Malteng Rakib Sahubawa kepada Siwalimanews di Masohi, Selasa (17/9) menjelaskan, pokok pikiran pengembangan sektor pariwisata, industri perkebunan serta perikanan di wilayah Malteng,disampaikan langsung dalam forum rapat konsultasi awal RPJM Nasional di hadapan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, di Ambon 12 September kemarin.

“Kami bersyukur dapat diberikan kesempatan untuk sampaikan pokok-pokok pikiran dalam rapat konsultasi yang dihadiri langsung oleh pak menteri di Ambon 12, dimana saat itu banyak pokok pikiran strategis yang kami sampaikan, dengan harapan agar  nantinya dapat ditindak lanjuti pada penyusunan RPJM lima tahun kedepan,” ujar sekda.

Menurutnya, pokok pikiran yang disampaikan saat itu, sekaligus sebagai sebuah usulan diantaranya meningkatkan kualitas sektor pariwisata di Pulau Banda, Pulau Tujuh dan Pantai Ora agar kemudian dimasukan dalam salah satu program prioritas nasional dalam RPJM Nasional lima tahun mendatang.

Pikiran ini lahir dari besarnya prospek pariwisata yang diproteksi dengan dukungan anggaran yang besar,agar seluruh fasilitas pendukung, mulai dari penyiapan infrastruktur dan lain sebagainya dapat dilakukan lima tahun mendatang.

Baca Juga: Tiga Pejabat Polda Maluku Diserahterimakan

“Kita harus terus konsen untuk wujudkan Malteng sebagai jendela Indonesia timur.  Kami berharap, semua pihak terus berikan dukungan dan partisipasinya, agar upaya serius pak bupati dan semua jajaran untuk wujudkan Malteng yang maju, mandiri dan berkeadilan dapat benar benar terwujud,” himbauanya. (S-36)