AMBON, Siwalimanews – Guna mengembangkan potensi para pelatih paduan suara dan pencipta lagu di Maluku, maka Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah menggelar pelatihan.

Pelatihan yang dipusatkan di Collin Beach and Resort ini berlangsung 11-13 Desember 2023. Peserta yang dilibatkan pun di ambil dari 11 kabupaten/kota di Maluku, dengan menghadirkan dua pelatih dan dua pencipta lagu.

Ketua LPPD Maluku Polly Kastanya kepada wartawan usai menutup pelatihan tersebut, Rabu (13/12) malam menjelaskan, Pesparawi merupakan salah satu ajang unggulan bagi Provinsi Maluku. Untuk itu guna mempertahakan dan meningkatkan potensi tersebut diperlukan kualitas pelatih yang mumpuni.

“Kegiatan ini dicetus lewat hasil MPPD, kita melihat potensi yang luar biasa dari pelatih maupun pencipta lagu di Maluku, sehingga potensi-potensi tersebut kita asah dan tingkatkan lagi lewat kegiatan ini,” jelasnya.

Menurutnya, selain penyanyi, Maluku merupakan gudang pelatih terbaik, bahkan potensinya di pakai oleh provinsi lain. Untuk itu, dalam pelatihan kali ini LPPD Maluku menggunakan tenaga pelatih atau narasumber dari IAKN yang secara kualifikasi sudah teruji baik.

Baca Juga: PUPR Klaim Butuh 85 M Tuntaskan Jalan Kairatu Menuju-Hunitetu

“Sebelum-sebelumnya itu narasumber untuk pelatahin seperti ini dipakai dari luar, padahal kalau kita liat sumber daya di IAKN itu banyak, mereka punya jurusan musik, tenaga mereka juga dipakai hingga luar daerah, jadi kenapa kita harus pakai dari luar kalau kita punya potensi di dalam, rugi kan. Apalagi dari segi cost juga lebih terjangkau,” tukasnya.

Kastanya berharap, ilmu yang diperoleh dari pelatihan tersebut dapat kembali dikembangkan di masing masing daerah sehingga menghasilkan kelompok paduan suara atau penyanyi yang berkualitas dan dapat mengharumkan nama Maluku di kancah nasional.(S-10)