AMBON, Siwalimanews – Pemprov Maluku berencana memasang jaring pengaman sampah di lima sungai yang ada di Kota Ambon.

Pemasangan jaring pengaman sampah ini akan dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021.

“HPSN diperingati setiap tanggal 21 Februari, namun pelaksanaan di Maluku tahun ini ditunda dan baru dilaksanakan nanti pada 5 Maret yang akan digelar apel Garnisun di Lapangan Merdeka dengan Forkopimda dan instansi vertikal lainnya,” ucap Kepala Dinas Lingkungann Hidup Maluku Roy Siauta kepada Siwalimanews di Kantor Gubernur, Rabu (24/2).

Dijelaskan, peringatan HPSN ada dua agenda yang telah disiapkan yakni pemasangan jaring pengaman sampah dan pemberishan pantai dan pesisir secara massal.

“Kita ada pemasangan jaring sampai di lima sungai besar di Kota Ambon dan juga pembersihan pantai dan pesisir,” ungkap Siauta.

Baca Juga: KPU Aru Tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Dijelaskan, berdasarkan surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, ada tiga tujuan dari peringatan HPSN 2021, yakni pertama, memperkuat komitmen dan peran aktif pemda dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

Kedua, memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi dengan gerakan memilah sampah dan ketiga, bagaimana memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi bisnis hijau (green bussiness), dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

“Jadi pada peringatan nanti, kita ingin masyarakat itu peduli terhadap kebersihan khususnya sampah. Bagaimana membuang sampah pada tempatnya, dan tidak dibuang ke laut atau ke sungai,” jelasnya. (S-39)