SAUMLAKI, Siwalimanews –  Letkol Pom Fernando Effendi resmi menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara IG Dewanto Saumlaki menggantikan pejabat lama Letkol Pas Yohanes M Paulus.

Sertijab yang berlangsung di Makoopsud III, Biak Numfor, Kamis (13/4) dipimpin oleh Panglima Komando Operasi Udara III Marsda TNI Donald Kasenda dan dihadiri oleh Dankosek III Marsma TNI Wastum, Danlanud Manuhua Marsma TNI Ronald L. Siregar, para pejabat Koopsud III, Ketua PIA AG DIII Koopsud III beserta pengurus dan jajaran, Danskadud 27, serta Yonko 468 Kopasgat.

Selain sertijab Danlanud IG Dewanto Pangkoopsud III juga memimpin pergantian Danlanud Dominicus Dumatubun dari Letkol Pnb Ruli Surya PS diserah terimakan kepada pejabat baru Letkol Pas Muhammad Juanidi.

Pangkoopsud III dalam sambutannya mengatakan, pergantian pejabat merupakan realisasi dari kebijakan pimpinan TNI AU dalam rangka regenerasi, dan tuntutan kebutuhan organisasi yang telah direncanakan secara berkelanjutan.

Keberadaan kedua lanud memiliki peran yang cukup strategis, Lanud DMN berdekatan dengan ALKI III yang merupakan alur bebas yang harus diamankan, sementara Lanud DWT memiliki tugas penting dalam mewujudkan satuan TNI terintegrasi di pulau terluar Indonesia.

Baca Juga: BEM Nusantara Berbagi di Bulan Ramadhan

“Dengan posisi strategis ini, maka setiap pejabat kedua lanud, dituntut untuk memiliki kepekaan dan komitmen yang tinggi pada setiap pelaksanaan tugasnya, dan harus dalam kondisi siap operasi guna menghadapi setiap kemungkinan kontijensi yang diperkirakan terjadi,” ujarnya.

Pangkoopsud III berharap, kedua pejabat yang baru dapat memelihara kinerja yang selama ini telah terbina dengan baik.

“Cermati penekanan pimpinan, wujudkan kehormatan satuan yang profesional menuju TNI Angkatan Udara yang disegani di kawasan,” pintanya.

Pada kesempatan tersebut juga, berlangsung serah terima Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 5/DIII Lanud Dominicus Dumatubun dan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 10/D.III Lanud IG Dewanto.(S-26)