KETUA Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Universitas Pattimura (DPP IKAPATTI), Muhamat Marasabessy, secara resmi melantik Dewan Pimpinan Cabang (DPC) IKAPATTI Kabupaten Maluku Tengah, periode 2022-2026.

Proses pelantikan DPC IKAPATTI di pusatkan di Baileo Ir Soekarno Kota Masohi, Jumat (28/10) dengan  sorotan tema : “IKAPATTI Menuju Kabupaten Maluku Tengah Yang Maju dan Sejahtera”. Mereka yang dilantik, yakni Pembina DPC IKAPATTI Malteng, Rakib Sahubawa yang juga Sekda Malteng, Ketua DPC IKAPATTI Malteng,  Latif Ohorela (Kepala Inspektorat Malteng), Sekretaris DPC IKAPATTI Malteng Zeth Latukarlutu (Ketua Fraksi PDIP DPRD Malteng), Bendahara DPC IKAPATTI Malteng, Jainudin Aly dan sejumlah pengurus kurang lebih 120 orang.

Penjabat Bupati Malteng yang juga Ketua Umum IKAPATTI, Muhamat Marasabessy dalam sambutannya mengatakan, genda konsolidasi organisasi IKAPATTI patut mendapat apresiasi yang setinggi-tingginya. “Sebab ini pertanda bahwa aktivitas dan dinamika organisasi tetap berjalan dengan baik”, harapnya.

Kadis PUPR Provinsi Maluku ini mengingatkan, kehadiran organisasi alumni seperti IKAPATTI diharapkan dapat membawa dampak signifikan untuk mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Maluku Tengah.

“Dengan potensi SDM IKAPATTI yang beraneka ragam bidang ilmu dan kompetensinya, saya optimis bahwa IKAPATTI mampu menyajikan konsep-konsep visionernya sebagai wujud komitmen dan kehadirannya membantu pemerintah daerah khususnya di Kabupaten Maluku Tengah,” katanya,

Baca Juga: Kecamatan Siritaun Timur Juara Umum Festival Seni Qasidah

Penjabat Bupati Malteng ini mengaku, pihaknya  sangat terbuka dan menyambut kehadiran DPC IKAPATTI Maluku Tengah untuk menjadi mitra strategis pemerintah. “Saya berharap agar kerjasama IKAPATTI dan pemerintah segera dapat diwujudkan, sebab banyak agenda pemerintahan yang membutuhkan peran dan partisipasi masyarakat termasuk organisasi alumni IKAPATTI”, terang Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Orwil Maluku itu.

Untuk itu, lanjut mantan Kepala Balai Wilayah Sungai Maluku ini mengkau, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pimpinan Pusat IKAPATTI yang sukses menyelesaikan agenda konsulidasi organisasi IKAPATTI di daerah ini. “Saya yakin dengan kapasitas dan pengalaman yang dimiliki rekan-rekan DPP IKAPATTI, maka organisasi alumni ini semakin eksis dan berkontribusi bagi bangsa dan negara,” imbuh Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Provinsi Maluku itu.

Ketua DPC IKAPATI Malteng, Latif Ohorela mengatakan,  kehadiran para alumni Unpatti yang tergabung dalam DPC IKAPATTI Malteng, adalah keluarga besar lintas alumni di universitas terbesar di Maluku itu.

“Saya berharap kekompakan terus dijaga, sehingga menjadi kekuatan dan  berkontribusi bersama pemerintah kabupaten membangun Malteng, kearah yang lebih baik”, harapnya. Tak hanya itu, dia berjanji kedepan konsolidasi organisasi alumni itu terus digalakan merangkul para alumni yang tersebar di Malteng. Kita akan merangkul para alumni dan galakan organisasi sesuai aturan main di IKAPATTI. Ini agar mempererat persaudaraan  memajukan IKAPATTI agar kedepan semakin jaya bagi negeri dan organisasi”, harapnya.

Ditempat yang sama Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat  Unpatti Ambon, Steven Huliselan mengatakan, pelantikan DPC IKAPATTI Malteng momentumnya sangat tepat. Pasalnya, pelantikan bertepatan dengan hari sumpah pemuda.

“Hari ini, momentumnya luar biasa. Saya apresiasi atas nama pimpinan lembaga kepada Ketua Umum DPP IKAPATTI, DPP IKAPATTI, dan DPC IKAPATTI Malteng, proses pelantikan dilakukan 28 Oktober 2022 tepat hari sumpah pemuda”, kata Huliselan.

Dikatakan, ikrar sumpah pemuda dilakukan 94 tahun lalu. Sementara pembacaan ikrar IKAPATTI yang dibuat Ruslan Tawari, dibacakan pada momentum hari sumpah pemuda. Apalagi sebut dia, proses pelantikan DPC IKAPATTI Malteng dilakukan oleh Ketua Umum DPP IKAPATTI yang juga Penjabat Bupati Malteng.

“Ini satu kebahagiaan dan kehormatan yang sangat luar biasa,” terangnya.

Huliselan mengaku, DPP IKAPATTI dibawah kepemimpinan Muhamat Marasabessy, terus melakukan konsolidasi internal dan melakukan berbagai kegiatan sosial. “Pembentukan DPC IKAPATTI sudah di bentuk di beberapa kabupaten dan kota, bahkan DPC IKAPATTI Batam sudah terbentuk”, bebernya.

Dirinya berharap, IKAPATTI kedepan memainkan perannya agar para alumni dapat diserap dalam bursa kerja.

“Sebab setiap tahun Unpatti mewisuda sekitar 4.500 orang. Kita berharap IKAPATTI memainkan peran agar para alumni bisa bekerja dan menciptakan lapangan kerja. Apalagi DPC IKAPATTI Malteng dari berbagai latar belakang profesi,” harapnya.(S-17)