PIRU, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Barat Timotius Akerina, melantik dan mengambil sumpah 26 kepala desa masa bhakti  2021-2027.

Pelantikan puluhan kades ini berlangsung di lantai III Kantor Bupati, Senin (22/11). Pelantikan para kades ini, merupakan hasil pemilihan dari pilkades serentak gelombang kedua di kabupaten tersebut.

Bupati dalam sambutanya berpesan kepada para kades yang dilantik, baik di gelombang pertama dan kedua dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik, agar dapat memberantas kemiskinan di tingkat desa, sehingga masyarakatnya dapat hidup sejahtera.

Selain itu, sebagai unsur terdepan, pemerintah desa harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara tepat, efektif dan efisien, serta lebih aspiratif, kreatif, inovatif, cepat dan tanggap terhadap perkembangan kehidupan masyarakat desa.

“Bagi saudara-saudara kades, anda telah dipilih oleh masyarakat dan diakui sebagai pimpinan mereka, sehingga sebutan atau gelar yang akan mereka berikan, baik itu raja, latu, upu dan sebagainya terimalah gelar itu. Walaupun semuanya masih berproses, karena ini adalah merupakan pengakuan dan penghargaan serta penghormatan dari rakyat kepada pemimpinnya,” ungkapnya.

Baca Juga: Pembangunan Fasilitas Pengelolaan Limbah B3 Dibatalkan

Keberhasilan otonomi daerah kata Bupati, ditentukan oleh keberhasilan dalam penyelenggaraan pemerintahan, karena pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan ditingkat desa, meskipun desa memiliki kewenangan sendiri dalam mengatur dan mengelolah pemrintahannya, namun harus disinergikan dengan pemerintahan di kecamatan, kabupaten, provinsi, maupun pemerintah pusat.

“Saya pesan dan titipkan kepada para kades yang baru dilantik untuk jadi pemimpin bagi seluruh rakyatmu dan rangkul, rekatkan persatuan dan kesatuan yang kebhinekaan bagi komponen masyarakat. Hargai dan pelihara serta lestarikan nilai budaya dan istiadat di desa, layani rakyatmu secara ikhlas, walaupun dalam suka maupun duka, terus bangun kerja sama yang harmonis dengan seluruh komponen masyarakat seperti, BPD, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, babinsa, Babinkamtibmas dan sebagainya,” peasan Bupati.

Pelantikan 26 kades ini tambah Bupati, menambah jumlah kades yang devinitif. Dimana pada gelombang pertama telah dilantik 41 kades dan kini di gelombang kedua 26 kades.

“Dengan demikian, sudah total 67 kades yang devinitif di kabupaten ini, sehingga diharapkan semua kades dapat bersama-sama dengan pemda Kase Bae SBB lebih baik lagi kedepan,” harap Bupati. (S-48)